Find Us On Social Media :

5 Cara Sederhana dan Sehat Hilangkan Bau Badan

By Rafael Ryandika, Kamis, 11 Agustus 2016 | 09:30 WIB

5 Cara Sederhana dan Sehat Hilangkan Bau Badan

Intisari-Online.com – Seingkali bau badan yang tidak enak membuat lingkungan sekitar kita menjadi tidak nyaman. Bau badan sebenarnya berasal dari bakteri yang berada di kulit, kemudian bercampur dengan keringat.

Sebenarnya, setiap orang pasti memiliki bau badan, atau yang lebih akrab disebut aroma badan. Namun, aroma badan yang berlebihan dapat memberikan berbagai efek negatif bagi orang disekitar Anda dan diri Anda sendiri.

Berikut 5 cara efektif untuk menghilangkan bau badan pada diri Anda:

1. Mandi (Minimal) 2x Sehari

Telah dijelaskan sebelumnya, bakteri merupakan penyebab utama dari bau badan. Bakteri ini memecah keringat menjadi asam yang kemudian menyebabkan bau badan. Mandi minimal dua kali sehari ternyata efektif dalam membersihkan bakteri yang terdapat pada kulit. Bahkan bila memungkinkan, mandilah tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik, dan dengan menggunakan sabun tentunya.

2. Menggunakan Sabun Anti Bakteri

Jika Anda ingin menghilangkan bau badan secara permanen, maka mandilah dengan menggunakan sabun anti bakteri. Sama seperti namanya, sabun ini akan mengurangi jumlah bakteri yang ada pada kulit Anda, sehingga secara otomatis akan mengurangi bau badan pada tubuh Anda.

3. Keringan Menggunakan Handuk Hingga Kering

Penggunaan handuk yang benar setelah mandi juga dapat mengurangi bau badan yang berlebihan. Setelah mandi, Anda harus mengeringkan bagian kepala terlebih dahulu , kemudian mulai keringkan bagian lain hingga benar- benar kering, terutama daerah ketiak. Mengapa demikian? Bakteri penyebab bau badan sangat mudah berkembang biak di tempat yang lembab. Jadi bila badan Anda kering, bakteri penyebab bau badan ini pun akan sulit berkembang biak.

4. Gunakan Pakaian yang Bersih

Pakaian yang Anda gunakan merupakan salah satu faktor yang menentukan bau badan pada tubuh Anda. Pastikan pakaian yang Anda gunakan selalu dicuci menggunakan sabun dan dijemur dengan proses pengeringan yang benar.

5. Perhatikan Apa yang Anda Makan

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi, ternyata juga dapat berpengaruh terhadap bau badan Anda, terutama yang menyebabkan badan menjadi mudah berkeringat seperti makanan pedas. Hindarilah makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat secara berlebihan. Selain cabai, minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga dapat membuat Anda lebih berkeringat, sehingga kemungkinan berkembangnya bakteripun meningkat. (webmd.com)