Find Us On Social Media :

Penelitian Membuktikan Membaca Buku Dapat Memperpanjang Umur Hingga 2 Tahun

By Rafael Ryandika, Jumat, 12 Agustus 2016 | 07:30 WIB

Penelitian Membuktikan Membaca Buku Dapat Memperpanjang Umur Hingga 2 Tahun

Intisari-Online.com – Kabar baik bagi Anda yang memiliki kebiasaan untuk membaca buku. Pasalnya, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang suka membaca buku minimal 30 menit setiap harinya, memiliki peluang hidup yang lebih lama yakni 2 tahun atau lebih tepatnya 23 bulan. Wow.

Berdasarkan penelitian, dari 3.635 orang yang berusia lebih dari 50 tahun, yang menghabiskan sisa waktu hidupnya dengan membaca buku, rata- rata dapat bertahan hidup 2 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak.

Penemuan ini disampaikan oleh tim peneliti dari Yale University School of Public Health. Mereka berkata bahwa hanya dengan membaca 3,5 jam per minggu atau setengah jam per hari, sudah cukup membuat perbedaan yang signifikan.

Namun perlu diingat, penelitian ini hanya membandingkan antara kebiasaan orang membaca dengan umur seseorang. Mereka mengaku, belum mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai sebab akibat dari kegiatan membaca ini, sehingga mampu membuat umur seseorang menjadi lebih panjang.

Untuk sekarang, peneliti sedang mencari tahu apakah ada korelasi antara umur panjang dengan bacaan apa yang Anda baca. Apakah ada perbedaan antara buku fiksi dan non fiksi, atau perbedaan bila membaca buku menggunakan e-book dengan membaca manual.

(sciencealert.com)