Find Us On Social Media :

5 Alasan Anda Harus Melewatkan Olahraga

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 13 Agustus 2016 | 06:00 WIB

5 Alasan Anda Harus Melewatkan Olahraga

Intisari-Online.com - Bagi Anda yang rutin berolahraga, tentu akan menyebalkan bila satu hari saja dilewati tanpa olahraga. Namun, untuk beberapa alasan Anda tidak perlu khawatir karena tidak memenuhi jam olahraga. Dalam beberapa kondisi justru akan membahaya diri sendiri bila dipaksa untuk berolahraga. Dan, inilah 5 alasan Anda harus melewatkan olahraga:

1. Sakit

Jangan memaksakan diri bila untuk berolahraga jika sedang sakit, misalnya demam, dehidrasi, kelelahan, flu, dan sebagainya. Jangan menganggap remeh untuk beberapa gejala yang mungkin dianggap sepele. Justru ini dapat menjadi tanda untuk mengistirahatkan tubuh.

2. Nyeri pada tubuh

Ketika bangun tidur dan Anda merasakan nyeri di sebagian tubuh atau bahkan keseluruhan tubuh, ini dapat menjadi tanda bahwa tubuh kelelahan bahkan dapat berisiko pada kelumpuhan. Hampir sama seperti sakit, ini pertanda tubuh Anda perlu istirahat yang cukup. Bila perlu, konsultasikan kepada dokter tentang gejala yang dialami.

3. Saran dari dokter

Mungkin Anda sering mengabaikan saran dari dokter, termasuk larangan berolahraga. Ketika mengabaikan saran dokter, ada kemungkinan yang akan terjadi, mulai dari cedera hingga penyakit lain yang lebih membahayakan.

4. Mabuk

Jangan berolahraga ketika baru saja mabuk. Mabuk menyebabkan beberapa masalah pada tubuh, seperti dehirasi, kikuk, pusing, sakit, hingga diare. Sebelum, selama, dan setelah olahraga, tubuh tidak boleh dehidrasi. Tubuh harus benar-benar dalam keadaan fit agar olahraga yang dilakukan juga maksimal.

5. Kurang tidur

Alasan Anda harus melewatkan olahraga yang terakhir adalah kurang tidur. Kurang tidur tidak akan memaksimal tubuh untuk bekerja, apalagi berolahraga. Tubuh akan mengalami penurunan kinerja, sulit berkonsentrasi, dan merasa lelah. Oleh karenanya, ketika kurang tidur, Anda tidak dianjurkan untuk berolahraga. (verywell.com)