Find Us On Social Media :

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berdonor Darah

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 20 Agustus 2016 | 06:00 WIB

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berdonor Darah

Intisari-Online.com - Donor darah memang menjadi salah satu tindakan mulia. Selain dapat membantu hidup orang lain, tubuh kita secara otomatis juga dapat menjadi lebih sehat. Namun, sayangnya sebagian orang tidak mengetahui bagaimana tubuh akan bereaksi ketika donor darah. Dan, inilah 5 hal yang perlu diketahui sebelum berdonor darah:

1. Memenuhi persyaratan

Palang Merah selalu mempertahankan syarat bagi calon pendonor darah. Sebelum mendonorkan darahnya, seseorang harus mementuhi persyaratan yang dibuat. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya yang akan muncul akibat transfusi darah.

2. Melakukan pemeriksaan kesehatan

Meski pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tidak dalam bentuk yang besar atau sangat lengkap, namun sebelum mendonorkan darahnya, seseorang akan melewati pemeriksaan tubuh. Mulai dari tekanan darah, denyut nadi, sel darah merah, hingga tingkat zat besi. Ketika tidak mencapai tingkat yang diminta, maka akan dilarang untuk mendonorkan darah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pastikan untuk mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah donor darah karena tubuh akan mengalami dehidrasi ketika darah diambil.

3. Hampir tidak merasakan apa-apa

Jarum yang digunakan untuk donor darah memang sedikit lebih besar, namun memiliki silikon yang akan membuat kulit nyaman ketika disuntikan jarum tersebut. Hanya akan terasa sedikit sakit di awal, selanjutnya pendonor hampir tidak merasakan apa-apa. Berbaringlah dengan tenang hingga jumlah darah yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

4. Tidak apa-apa mengonsumsi kue setelah mendonorkan darah

Setelah mendonorkan darah, orang dianjurkan mengonsumsi air atau jus serta makanan ringan yang asin, karena garam dapat membantu mempertahankan air di dalam tubuh yang sudah hilang. Namun, bagi sebagian orang yang ingin mengonsumsi kue atau cookies manis bukanlah masalah. Tak ada salahnya untuk memanjakan diri sendiri, asalkan jumlah yang dikonsumsi dalam batas wajar.

5. Menyelamatkan banyak orang

Mendonorkan darah dapat menyelamatkan nyawa banyak orang tanpa kit sadari. Darah kita akan diberikan kepada pasien yang sedang melakukan operasi, mulai dari operasi jantung, kanker, dan lainnya. Bahkan, darah yang didonorkan akan mengalir ke wanita hamil serta rahimnya, yang kemudian memengaruhi bayi yang sedang dikandung.

Nah, itulah 5 hal yang perlu diketahui sebelum berdonor darah. Apakah Anda masih ingin terus berdonor darah? (health.com)