Find Us On Social Media :

Mengenali Gejala Kanker pada Tubuh

By Yoyok Prima Maulana, Minggu, 21 Agustus 2016 | 19:30 WIB

Mengenali Gejala Kanker pada Tubuh

Intisari-Online.com - Banyak kasus terjadi, seseorang sangat terkejut ketika oleh dokter dinyatakan telah terserang kanker. Pasalnya, sebelumnya dia merasa baik-baik saja dan sehat selalu. Memang seperti itulah sifat kanker. Ketika bertumbuh, jika kita tidak jeli mengenalinya, dia akan membesar dengan diam-diam. Yuk, kita belajar cara mengenali gejala kanker pada tubuh kita sejak dini.

Dalam acara Great moments with Allianz bertajuk "Berani Melangkah Mulai Hidup Sehat Hidup Bahagia" yang digelar Allianz bersama Intisari di Hotel Santika Medan (20/8), Dr. Dairion Gatot, SpPD-KHOM, membeberkan rahasia mengenali gejala kanker pada tubuh kita.

Berdasarkan pengalaman Staf  Pengajar Departemen IPD FK-USU dan Ketua Divisi  Hematologi & Onkologi Medik ini setidaknya ada empat tanda atau gejala kanker mulai menyerang tubuh kita. Hal itu adalah:

1. Makin gemar mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan diawetkan.

 Sementara makan makanan yang berserat jauh berkurang.

2. Mulai menghilangnya nafsu makan dan kesulitan / gangguan menelan.

3. Sering obstipasi/diare (gangguan pada buang air besar) dan gangguan pada buang air kecil.

4. Benjolan yang tidak sakit dan semakin membesar.

Meski begitu, kita tidak perlu cemas berlebihan. Sebab kanker dapat dicegah. Jurus yang paling mustajab untuk mengenyahkannya adalah mulai dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti menjauhi alkohol/ rokok, istirahat teratur, dan melakukan diet sehat. Selain itu upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan vaksinasi dan deteksi dini di rumah sakit secara teratur.