Find Us On Social Media :

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tiroid (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 28 Agustus 2016 | 07:30 WIB

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tiroid (1)

Intisari-Online.com - Tiroid terletak di antara kotak suara dan tulang selangka. Ukurannya yang sebesar ibu jari dapat memengaruhi hampir setiap proses di dalam tubuh, seperti mengatur metabolisme, mengendalikan kalori yang terbakar, serta seberapa cepat otak, jantung, hati, dan lainnya bekerja. Kelenjar ini juga berperan dalam suasana hati. Nah, berikut adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang tiroid lebih banyak:

1. Lebih sering terjadi pada wanita

Wanita 5-8 kali lebih cenderung memiliki masalah tiroid daripada laki-laki. Endokrinologi, Christian Nasr, MD, direktur medis dari Thyroid Center di Cleveland Clinic, mengatakan bahwa penyebab utamanya karena estrogen, karena sel tiroid memiliki konsentrasi lebih besar pada reseptor estrogen dan berarti lebih sensitive pada efek dari hormon seks wanita. Penyebab lainnya adalah hipotiroidsme atau hipertiroidisme terkait dengan penyakit autoimun, dimana wanita umumnya lebih rentan terhadap gangguan tersebut.

2. Mengenali gejalanya

Hipotiroidsme dan hipertiroidisme memiliki gejala yang sedikit sulit dideteksi karena gejalanya cenderung sama dengan penyakit umum lainnya. Namun, ada beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan lebih. Pada hipotiroidsme, kulit dan rambut akan kering, mejadi pelupa, sembelit, perasaan tidak tenang, kram otot, kenaikan berat badan, tidak teratur menstruasi, pembekakan di wajah, dan kepekaan pada dingin meningkat. Sedangkan pada hipertiroidisme, cepat marah, meningkatnya keringat, detak jantung menguat, sulit tidur, penurunan berat badan, mata melotot, dan tangan gemetar.

3. Perlu atau tidak melakukan pengobatan

Sekitar 30% orang menggunakan obat hipotiroidisme, yang mungkin sebenarnya tidak perlu. Jika tingkat pada pemerikasaan tiroid menunjukkan tinggi, maka ahli atau dokter biasanya merekomendasikan obat, namun bila masalah tiroid tidak pada tingkat yang tinggi dan gejala yang muncul tidak berbahaya, maka obat tidak akan membantu. Justru penggunaan obat tidak dapat akan menimbulkan overtreatment dan meningkatkan risiko jantung berdebar.

4. Tidak perlu panik tentang kanker tiroid

Sejak tahun 1975, masalah kanker tiroid meningkat hingga tiga kali lipat, namun tingkat kematian tetap rendah dan stabil. Semakin banyak orang yang melakukan scan pada kepala, leher, dan dada untuk mendiagnosa masalah kesehatan, termasuk kanker tiroid. Kebanyakan kanker kecil pada tiroid dapat hilang tanpa diketahui dan tidak memerlukan pengobatan, karena mereka tumbuh dengan lambat bahkan tidak tumbuh. Ukuran yang lebih dari 1 cm barulah harus dipantau secara lebih.