Find Us On Social Media :

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tiroid (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 28 Agustus 2016 | 08:00 WIB

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tiroid (2)

Intisari-Online.com - Tiroid terletak di antara kotak suara dan tulang selangka. Ukurannya yang sebesar ibu jari dapat memengaruhi hampir setiap proses di dalam tubuh, seperti mengatur metabolisme, mengendalikan kalori yang terbakar, serta seberapa cepat otak, jantung, hati, dan lainnya bekerja. Kelenjar ini juga berperan dalam suasana hati. Nah, berikut adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang tiroid lebih banyak:

5. Jangan selalu menyalahkan tiroid

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah “apakah kenaikan berat badan saya ini karena tiroid?” Endokrinologi, Dorothy Fink, MD, asisten profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center, mengatakan memang benar hipotiroid dapat menyebabkan berat badan bertambah, namun kondisi ini juga dapat terjadi karena gejala lain, seperti kelelahan, sembelit, dan menstruasi tidak teratur. Bahkan jika mengalami beberapa tanda tersebut, ada kemungkinan besar Anda harus mempertimbangankan disfungsi hormon. Idealnya adalah menganalisisnya dengan melakukan tes darah.

6. Suplemen tiroid dapat berisiko

Mungkin Anda sering melihat penawaran suplemen untuk mengatasi masalah tiroid, namun jangan mudah percaya! Peneliti di Mayo Clinic menganalisis suplemen yang tersedia apalagi secara online, ditemukan sejumlah kandungan yang berbasis ramuan berbagai hormon tiroid. Dosis hormon yang ditemukan di beberapa produk lebih tinggi dibandingkan dengan obat-obatan berdasarkan resep. Dosis berlebih dapat menyebabkan efek samping berbahaya, seperti artimia dan masalah tulang.

7. Tahu bagaimana memeriksa leher

Ada beberapa cara sederhana untuk melihat tanda-tanda tiroid dari American Association of Clinical Endocrinologists, yaitu (1) gunakan cermin untuk melihat daerah depan leher yang lebih rendah, di atas tulang selangka dan di bawah kotak suara, (2) Naikkan kembali kepala dan minum seteguk air, kemudian lihat tonjolan pada daerah tersebut, (3) Bila terdapat tonjolan, pemeriksaan ke dokter harus dilakukan karena mungkin Anda memiliki benjolan tiroid.

Itulah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang tiroid. Apakah Anda mengalami salah satunya? (health.com)