Find Us On Social Media :

Bagaimana Tiroid Memengaruhi Kesehatan Kita?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 28 Agustus 2016 | 11:30 WIB

Bagaimana Tiroid Memengaruhi Kesehatan Kita?

Intisari-Online.com - Seperti yang kita ketahui bahwa tiroid secara keseluruhan memengaruhi tubuh kita. Dan, tiroid juga memompa keluar hormon triiodotironin dan tiroksin, dimana sebagian besar terdiri dari yodium. Berikut ini adalah bagaimana tiroid memengaruhi kesehatan kita, mulai dari ujung kepala hingga kaki:

Hormon tiroid memengaruhi denyut jantung dan membantu mengendalikan aliran darah dengan merelaksasi otot-otot pada dinding pembuluh darah.

Hormon tiroid juga memengaruhi siklus menstruasi, dimana ketika mereka keluar berlebihan atau dengan menggumpal, maka ini mungkin Anda memiliki ovulasi dan menstruasi dapat tidak teratur.

Tulang yang sudah tua akan lebih cepat rusak atau pecah karena dorongan dari hormon tiroid. Hal ini kemudian menimbulkan osteoporosis.

Tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme akan menyebabkan penurunan berat badan dan hipotiroidisme akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Kadar tiroid rendah dapat menjadikan kita pelupa, sulit berkonsentrasi, dan depresi. Gejala ini dapat diatasi dengan terapi hormone sintetik.

Tiroid yang kurang aktif akan menyebabkan tubuh berhenti untuk menghasilkan sel-sel kulit pada kecepatan normal. Ini akan menyebabkan kulit kering dan kusam, termasuk masalah pertumbuhan rambut serta kuku yang melambat.

Itulah bagaimana jumlah tiroid dalam tubuh yang akan memengaruhi kita. Dan, kita dapat membuat tiroid dalam tubuh tetap dalam keadaan yang normal dan baik, dengan cara berikut:

Dosis harian adalah 150 mcg yodium untuk memproduksi hormone tiroid. Yodium biasanya terdapat dalam garam dapur. Selain itu, yodium dapat ditemukan dalam makanan lain, seperti ikan, susu, telur, dan biji-bijian

Perklorat, bahan kimia yang dapat mengganggu penyerapan tiroid telah ditemukan dalam air kran. Hubungilah pihak terkait untuk memastikan apakah air di rumah kita telah diuji dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Sebagai antisipasi, kita harus selalu menyaring air untuk setiap penggunaannya.

Nah, itu dia bagaimana tiroid memengaruhi kesehatan kita. (magforwomen.com)