Find Us On Social Media :

Apa Itu Resesi? Benarkah Indonesia Tak Masuk Negara yang Jatuh dalam Resesi 2023?

By Ade S, Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:44 WIB

'Apa itu resesi?' Benarkah Indonesia bakal selamat dari resesi 2023.

Intisari-Online.com - Kata kunci "apa itu resesi' tiba-tiba menjadi salah satu yang paling banyak dicari pada Rabu (5/10/2022).

Nampaknya banyak warganet Indonesia yang belum mengetahui secara pasti apa itu resesi.

Mereka pun kemudian menggunakan kata kunci "apa itu resesi" ketika Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar memberikan pernyataan terkait resesi 2023.

Seperti diketahui, Ketua OJK menyampaikan pandangan terkait kemungkinan terjadinya resesi ekonomi pada 2023.

Dalam pandangannya, Ketua OJK menyatakan bahwa resesi global hampir dipastikan bakal terjadi pada tahun depan.

"Setidaknya di tahun 2023. Kalau tidak, lebih cepat dari itu," kata Mahendra dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner Bulanan secara virtual, Senin (3/10/2022), seperti dilansir kompas.com.

Hanya saja, Mahendra menyebut dirinya belum bisa memberikan prediksi terkait durasi dan besarnya dampak resesi terhadap ekonomi Indonesia.

Apalagi, berdasarkan data yang dimilikinya, Mahendra menyebut bahwa pertimbunuhan ekonomi Indonesia masih berkisar pada 5 persen pada 2023.

"Oleh karena itu, kita harus lihat dua kondisi ini dalam perspektif lengkap," imbuh dia.

Di sisi lain, Mahendra menjelaskan bahwa saat ini OJK belum memperkirakan seberapa besara kebutuhan kebijakan relaksasi kredit dalam menghadapi resesi.

"Sekiranya dalam perkembangan nanti kalau diperlukan kebijakan untuk mencapai sasaran itu akan dirumuskan dan ditetapkan," tutur dia.

Namun, Mahendra masih meyakini bahwa perkembangan ekonomi Indonesia masih akan terjaga dalam kondisi yang baik meski ada tekanan global.