Find Us On Social Media :

KPK Terancam Berakhir di Era Jokowi-JK: Inilah Kasus-kasus Korupsi yang Terancam Mandek

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 18 Februari 2015 | 19:45 WIB

KPK Terancam Berakhir di Era Jokowi-JK: Inilah Kasus-kasus Korupsi yang Terancam Mandek

Intisari-Online.com - Ditetapkannya dua pemimpin KPK sebagai tersangka oleh kepolisian membuat beberapa kalangan berspekulasi bahwa KPK terancam berakhir di era Jokowi-JK. Jika sudah demikian, itu artinya akan ada kasus-kasus korupsi yang terancam mandek.

Data Litbang Kompas menyebut, kira-kira ada lima kasus korupsi yang terancam “mangkrak”:

- Kasus penyalahgunaan anggaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2008 – 2013 yang diduga melibatkan Jero Wacik, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Posisi terakhir --> setelah Jero Wacik dinyatakan tersangka pada 6 Februari 2015, KPK mulai memanggil saksi-saksi dari lingkungan Kemenbudpar.

- Pengembangan kasus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Muchtar atas dugaan suap sengketa Pilkada Tapanuli Tengah tahun 2011.

Posisi terakhir --> KPK memeriksa pengacara TS, kerabat Bupati Tapanuli Tengah non-aktif RBS, yang terlibat dalam sengketa Pilkada tersebut.

- Kasus dugaan suapuntuk penggunaan zat tambahan bahan bakar “tetraethyl lead” (TEL) yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan tetap dipakai dalam bensin produksi Pertamina tahun 2004 – 2005.

Posisi terakhir --> KPK memanggil Vice President PT Pertamina EPH sebagai saksi bagi tersangka SAM, mantan Direktur Pengolahan PT Pertamina Persero.

- Kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami masalah likuiditas pada saat terjadinya krisis moneter 1998 dengan kerugian negara Rp138 triliun.

Posisi sekarang --> KPK masih melanjutkan pemeriksaan sejumlah pihak terkait penyelidikan surat keterangan lunas BLBI.

- Dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012 – 2013.

Posisi sekarang --> KPK batal memeriksa tersangka Suryadharma Ali, mantan Menteri Agama, karena alasan sakit.

Itulah kasus-kasus korupsi yang terancam mandek jika KPK benar-benar berakhir.