Find Us On Social Media :

Germanwings A320 Jatuh di Selatan Perancis, 148 Penumpang Tewas

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 24 Maret 2015 | 19:45 WIB

Germanwings A320 Jatuh di Selatan Perancis, 148 Penumpang Tewas

Intisari-Online.com - Dunia penerbangan kembali diterpa berita dukaPesawat Germanwings A320 jatuh di selatan Perancis pukul 09.41 waktu setempat. Sebanyak 142 penumpang berikut 6 awak kapal diperkirakan tidak ada yang selamat. Germanwings A320 sendiri tengah melakukan penerbangan dari Barcelona menuju Dusserdorf, Jerman.

“Ada 148 orang di dalam pesawat itu. Kondisi kecelakaan, yang belum terklarifikasi, membawa kami untuk berkesimpulan bahwa tak satu pun dari mereka ada yang selamat,” ujar Presiden Perancis, Francois Hollande.

Yang perlu dicermati, tambah Hollande, kecelakaan terserbut terjadi di zona yang sangat sulit untuk diakses. Seorang juru bicara otoritas penerbangan Perancis DGAC mengatakan, pesawat itu jatuh di dekat kota Barcelonnette, sekitar 100 kilometer di utara kota French Riviera, Nice, Perancis.

Saat berita ini ditulis, penyelidik kecelakaan Perancis tengah menuju ke lokasi kecelakaan di Meolans-Revel, sebuah komune terpencil dan jarang dihuni di kaki pegunungan Alpen, Perancis.

Sementara itu pihak Airbus sendiri sudah mendapatkan kabar kecelakaan yang melibatkan pesawatnya. “Kami sudah mengetahui kabar tersebut,” tulis Airbus di Twitter. “Segala upaya tengah kami upayakan untuk kejadian ini. Segera, kami akan memberi informasi lebih lanjut soal kecelakaan naas ini.”

Di tempat lain, pejabat bandara Barcelona mengatakan pesawat lepas landas pada 08.55 GMT dari Barcelona.

Untuk informasi, dari data yang dikeluarkan oleh Airfleets.net, A320 merupakan pesawat yang sudah berusia 24 tahun dan telah dipakai oleh Lufthansa—perusahaan induk Germanwings—sejak tahun 1991.