Find Us On Social Media :

Satu Pilot Terkunci di Luar Kokpit Saat Germanwings A320 Jatuh di Pegunungan Alpen

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 26 Maret 2015 | 16:00 WIB

Satu Pilot Terkunci di Luar Kokpit Saat Germanwings A320 Jatuh di Pegunungan Alpen

Intisari-Online.com - Misteri seputar jatuhnhya Germanwings A320 di Pegunungan Alpen Perancis sedikit demi sedikit mulai terurai. Salah satu yang termutakhir, tim analisis menemukan, satu pilot terkunci di luar kokpit saat Germanwings A320 jatuh di wilayah selatan Perancis itu.

Seperti diberitakan oleh Mirror, analisis awal perekam suara kokpit menunjukkan salah satu pilot yang berada di luar kokpit itu tengah berusaha untuk menghancurkan pintu bagian bawah. Meski demikian, belum ditemukan indikasi dan alasan kenapa si pilot keluar dari kokpit.

Seorang pejabat senior militer yang terlibat dalam penyelidikan jatuhnya pesawat menggambarkan, bahwa di awal-awal kedua pilot (pilot dan kopilot) masih terlibat dalam obrolan yang dingin. “Very smooth, very cool,” ujarnya.

Tak lama kemudian, rekaman audio dari kotak hitam yang berhasil ditemukan menunjukkan salah satu dari keduanya meninggalkan kokpit dan tidak bisa masuk kembali. “Pilot yang berada di luar awalnya mengetuk dengan ringan, tapi tidak ada jawabab. Dia lantas memukul dengan keras, juga tidak ada jawaban.

Tidak pernah ada jawaban.”

Tak hanya itu, rekaman audio juga menunjukkan hal-hal yang mengarah ke penyebab kecelakaan. Juga meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab. “Kami belum tahu alasan mengapa salah satu dari pilot itu keluar kokpit,” kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu.

“Yang jelas, di akhir penerbangan, pilot lain sendiri dan tidak membuka pintu.”

Seperti yang ramai diberitakan, perekam suara yang merupakan satu dari dua kotak hitam pesawat dengan nomor penerbangan 4U 9525 itu ditemukan beberapa jam setelah pesawat hancur. Kondisinya hancur. Meski demikian, ada beberapa bagian audio yang telah pulih sehingga proses analisis sementara bisa terus dilaksakanan.