Find Us On Social Media :

Hilangnya Graha Garuda Tiara Indonesia

By Ade Sulaeman, Rabu, 15 April 2015 | 12:00 WIB

Hilangnya Graha Garuda Tiara Indonesia

Intisari-Online.com - Pengguna media sosial Indonesia kini sedang ramai membicarakan rangkaian foto yang diunggah pemilik akun Facebook Dony Kushardono. Rangkaian foto tersebut menunjukkan hilangnya Graha Garuda Tiara Indonesia.

Foto yang diunggah Dony, yang bekerja di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tersebut terdiri dari empat foto. Tiga foto di pojok kiri atas, pojok kanan atas serta pojok kiri bawah menunjukkan citra satelit dari Graha garuda Tiara Indonesia pada 2006, 2009 dan 2013. Ketiganya menunjukkan bagiamana gedung tersebut masih ‘berdiri’ dan terlihat seperti lambang garuda Indonesia.

Sementara foto di pojok kanan bawah dengan caption “sekarang” menunjukkan hilangnya Garuda Graha Tiara Indonesia. Bukan gedung dengan bentuk burung garuda yang terlihat, melainkan lahan tanah.

Untuk menerangkan foto tersebut, Dony menulis:

Kemana hilangnya Gedung Garuda Pancasila peningggalan Presiden Soeharto (alm) yang bisa jadi aset & Kebanggaan Indonesia ? Dari citra satelit tahun 2006 hingga 2013, keberadaan Gedung Garuda 3 lantai atau yang biasa disebut Graha Garuda Tiara Indonesia yang memiliki 456 kamar yang dilengkapi aula yang mampu menampung 3000 orang dan hotel 196 kamar dibagian ekornya hingga sarana olah raga dan Helipad, masih terlihat utuh walaupun tamannya terlihat sudah tidak dirawat, akan tetapi sekarang atau tepatnya dari citra satelit sejak bulan April 2014 gedungnya telah diratakan dengan tanah. Gedung Garuda ini dibangun pada Agustus 1995 yang awalnya untuk penginapan atlet sekaligus untuk menumbuhkan semangat garuda dalam bertanding.....

Sebuah liputan yang dilakukan salah satu media nasional pada 3 April 2014 menunjukkan gedung tersebut sudah rata dengan tanah pada tahun lalu. Melalui foto-fotonya media tersebut menunjukkan lahan bekas Graha Garuda Tiara Indonesia yang alat-alat berat dan truk-truk pengangkut tanah.

Apa pendapat Anda tentang hilangnya Graha Garuda Tiara Indonesia yang terletak di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat tersebut?