Find Us On Social Media :

Marsaid Yushar, Rektor Gadungan yang Menerbitkan 1.200 Ijazah Palsu

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 28 Mei 2015 | 15:00 WIB

Marsaid Yushar, Rektor Gadungan yang Menerbitkan 1.200 Ijazah Palsu

Intisari-Online.com - Nama Marsaid Yushar tiba-tiba ramai diperbincangkan, apalagi jika bukan karena isu ijazah palsu yang akhir-akhir ini kembali menyeruak. Dialah rektor gadungan yang menerbitkan 1.200 ijazah palsu yang berhasil diringkus oleh Polresta Medan, Senin (25/5).

Seperti diketahui, Marsaid Yushar (63) diringkus di Jalan Gatot Subroto, Medan, ketika mengendarai mobil BL 1308 LG. Dalam penggeledahan itu ditemukan berbagai barang bukti, di antaranya uang Rp15 juta, ijazah, transkrip nilai, tesis, brosur University of Sumatera, dan blanko kosong.

Pascapenangkapan itu, polisi selanjutnya mengembangkan kasus ini dengan menggeledah kediamannya di Satria Ujung, Delitua, Deliserdang dan percetakan di Jalan Mahkamah, Medan. Dari kejahatannya ini pelaku berhasil membeli rumah lainnya di Jalan Mesjid Taufik, Medan Perjuangan.

Dari pengembangan kasus tersebut ditemukan barang bukti, di antaranya, blanko ijazah S1 dan S2 sebanyak 1.000 lembar.

Tak hanya itu, kepolisian juga memastikan, universitas yang didirikan pelaku di Jalan Letda Sudjono, Medan Tembung, tidak terdaftar di Kopertis Wilayah I Sumut. Kasus pemalsuan ijazah ini sudah dilakukan pelaku sejak 2003 dengan menggunakan nama universitas berbeda. Kampus terakhir yang didirikannya bernama University of Sumatera.

"Sudah 12 tahun dia melakukan aksi ini. Dari keterangan dia sudah menerbitkan 1.200 lembar ijazah,” ujar Kapolresta Medan Kombes Nico Afinta.

Dalam aksinya, tersangka mangaku mematok ijazah S1 seharga Rp10 juta, S2 senilai Rp15 juta dan S3 dengan harga Rp40 juta. Nico menegaskan pihaknya masih mengembangkan kasus ini untuk menelusuri pihak lain yang terlibat. Namun tidak dijelaskan apakah pengguna ijazah palsu itu akan dijerat pidana.