Find Us On Social Media :

Hendak Mengadopsi Anak, Perhatikan Langkah-Langkah Berikut!

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 11 Juni 2015 | 17:00 WIB

Hendak Mengadopsi Anak, Perhatikan Langkah-Langkah Berikut!

Intisari-Online.com - Mengadopsi anak bukan persoalan sepele. Terlebih jika harus mengadopsi anak yang sudah bisa membedakan mana yang hitam dan mana yang putih. Intisari pernah merangkum langkah-langkah yang musti ditempuh ketika hendak mengadopsi anak. Jadi, jika ingin mengadopsi anak, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Ada kesepakatan dari suami dan istri bahwa adopsi adalah keinginan bersama. Maka keduanya harus bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memiliki dan mengasuh si anak bersama-sama.
  2. Persiapkan mental bersama untuk menerima kehadiran anak yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Termasuk kemungkinan buruk yang bisa terjadi kelak di kemudian hari, seperti perkembangan fisik, kesehatan, kecerdasan, maupun sifat-sifat si anak yang mungkin kurang sesuai dengan harapan.
  3. Meminta pertinbangan dan dukungan keluarga besar. Hal ini untuk mencegah si anak tumbuh dalam ketidakcocokan atau perbedaan budaya dan adat istiadat, serta nilai-nilai yang diterapkan dalam keluarga.
  4. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara lengkap terhadap kondisi anak. Hal ini untuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan pertumbuhan fisik dan mental si anak ke depan. Hasil pemeriksaan juga bisa menjadi pertimbangan calon orangtua apakah akan melanjutkan adopsi atau tidak.
  5. Jika orangtua kandung si anak masih ada, maka harus ada kesepakatan dan komitmen bersama soal status anak. Apakah akan disimpan sebagai rahasia selamanya atau sementara. Jika sementara, pada usia berapa anak akan mengetahuinya.

Langkah-langkah tersebut memang terlihat sederhana, tapi sangat mendasar jika kita ingin mengadopsi anak.