Find Us On Social Media :

Pilh-Pilih Mobil Buat Mudik Lebaran: MPV atau SUV?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 Juli 2015 | 14:00 WIB

Pilh-Pilih Mobil Buat Mudik Lebaran: MPV atau SUV?

Intisari-Online.com - Pilih-pilih mobil buat mudik Lebaran umumnya juga berkaitan dengan jumlah orang. Kayak bunyi iklan, yang namanya mudik, asyiknya rame-rame! Kalau bicara soal daya tampung yang besar, jenis sedan dan mobil kota sudah jelas tidak masuk hitungan. Lalu jenis mobil apa yang kira-kira paling tepat dibuat mudik Lebaran?

Jangan bingung, silakan melirik utility vehicle. Daya muat kendaraan jenis niaga ini tidak diragukan lagi. Daya jelajahnya pun lebih baik dari sedan. Bagaimana soal kenyamanan? Terus terang, kenyamanan kendaraan yang biasa digunakan untuk bisnis dan angkut-angkut barang ini masih di bawah sedan. Karena kenyamanan bukan ciri khas kendaraan niaga, perjalanan jarak jauh bisa jadi melelahkan.

“Tetapi kalau memang adanya hanya mobil jenis ini, bisa juga kok mudik. Asal lebih haii-hati mengendarainya,” ujar Teddy Irawan, deputy manager salaes and prmotion produk merek Nissan pada 2005 lalu.

Kalau ingin kendaraan yang bisa mengangkut banyak orang tetapi senyaman sedan, lirikan harus diarahkan ke jenis MPV. Mobil ini kinerjanya mendekati sedan dengan daya tampung melebihi sedan. MPV bisa jadi pilihan yang menarik.

Menurut pengalaman Teddy, jenis MPV disenangi anak-anak, karena ruang kabinnya lega. Tujuh penumpang dewasa di dalam mobil ini semuanya merasakan kenyamanan yang sama. Plus, ruang bagasinya yang luas sehingga cukup leluasa untuk membawa barang dan oleh-oleh. Jarak bodi mobil ke tanah yang cukup tinggi juga nyaman jika melalui jalanan yang rusak atau melibas genangan air. 

Namun, jika anggota keluarga kita tidak banyak, MPV bisa terasa lowong. Rasanya, lebih cocok naik SUV, deh. Mobil ini bisa dibilang paduan antara sedan dan jip. Kenyamanan dan keamanannya tidak kalah dengan sedan. Jalan rusak parah dan banjir bisa dilibas dengan enak. Itu karena jarak bodi ke tanah lebih tinggi dari sedan. Namun, ada jenis SUV yang rentan kalau dipacu kencang. Bisa limbung. Rata-rata kecepatan maksimalnya 100 – 140 km/jam. SUV papan atas bisa dipacu sampai 200 km/jam karena bisa diatur ketinggian suspensinya.

Kesimpulannya, besar kecilnya anggota keluarga akan menentukan jenis mobil yang akan dipilih buat mudik. Kalau berjejalan, di perjalanan tentu tidak akan terasa nyaman. Apalagi jika ditambah saratnya barang bawaan. Seseorang yang memiliki keluarga besar tentu tidak akan memilih mobil kota, sedan, MPV, atau SUV berukuran kecil, karena daya tampungnya terbatas. Pilihan yang ideal bisa jatuh pada kendaraan jenis utility vehicle atau MPV ukuran besar.