Find Us On Social Media :

Ecoliteracy Studies, Sebuah Upaya Mendekatkan Siswa dengan Alam Sekitar

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 30 September 2015 | 13:30 WIB

Ecoliteracy Studies, Sebuah Upaya Mendekatkan Siswa dengan Alam Sekitar

Intisari-Online.com - Beberapa penelitian pendidikan menyebutkan, proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswanya untuk berinteraksi langsung dengan alam akan meningkatkan semangat dan prestasi siswa. Itulah yang melatari Yayasan IPEKA mendirikan sekolah berkonsep Ecoliteracy Studies, yang dianggap sebagai upaya mendekatkan siswa dengan alam sekitar bernama Sekolah Kristen IPEKA Plus BSD.

Konsep ini juga diakaui sebagai langkah menghilangkan stigam bahwa siswa-siswa yang belajar di sekolah perkotaan cenderung “jauh” dan lingkungannya.

Petroes S. Soeryo, Direktur Utama Operasional IPEKA, meyakini bahwa siswa akan belajar lebih optimal dengan metode ini. “Mereka akan selangkah lebih maju jika diberikan pengalaman menggunakan pengetahuan secara langsung dalam bentuk proyek-proyek pembelajaran yang terintegrasi dengan pengetahuan yang mereka pelajari di kelas,” terangnya.

Untuk memuluskan konsep ini, IPEKA Plus BSD menyediakan lima situs alam yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa untuk meningkatkan kepekaannya terhadap alam: situs cuaca dan iklim, situs ilmu pertanian, situs konservasi air, situs energi yang diperbarukan, dan situs daur ulang.

Jadi jangan heran jika sempat berkunjung ke sekolah yang berlokasi di Tangerang Selatan ini, kita akan menjumpai banyak sekali alat peraga yang sesuai dengan kelima situs yang disebut di atas. Ada hidroponik, peternakan ayam, panel surya, teleskop, alat pengukur curah hujan, kincir angin, pengolahan air limbah, dll.

“Selain mendapatkan materi di kelas, siswa juga bisa merasakan langsung apa yang sebenarnya terjadi di sekitarnya; bagaimana proses penetasan telur ayam; bagaimana limbah diolah; bagaimana mengolah tanaman; dst,” tambah Santoso Setiadji, Direktur Operasional I Bidang Pendidikan Yayasan IPEKA.