Find Us On Social Media :

Malaysia Airlines MH132 Salah Jalur dan Pilot Baru Sadar Delapan Menit Pasca-Lepas Landas

By Moh Habib Asyhad, Senin, 28 Desember 2015 | 12:30 WIB

Malaysia Airlines MH132 Salah Jalur dan Pilot Baru Sadar Delapan Menit Pasca-Lepas Landas

Intisari-Online.com - Malaysia Airlines baru saja mengalami salah jalur dan pilot baru sadar delapan menit pasca-lepas landas pada Jumat (25/12). Alih-alih menuju tujuan aslinya, Kuala Lumpur, pesawat bernomer penerbangan MH132 justru akan menuju Melbourne, Australia. Kejadian ini berlangsung pada Jumat (25/12) lalu.

Pilot langsung menghubungi menara kontrol penerbangan (ATC) yang ada di Auckland. Ia bertanya kenapa pesawatnya melewati jalur yang tidak semestinya.

Usut punya usut, pesawat itu ternyata mengikuti jalur penerbangan yang diberikan oleh Airwasy—penyedia navigasi udara Selandia Baru. “Rencana penerbangan yang kami ajukan adalah Kuala Lumpur tapi melalui rute yang sedikit berbeda dari yang pilot pahami,” ujar salah seorang juru bicara Airways.

 

Dilansir dari Telegraph, untung tidak ada penumpang yang menyadari kesalahan rute penerbangan ini. Sehingga pilot bisa langsung membelokkan pesawat ke rute normal dan langsung melanjutkan perjalanan dengan aman ke Kuala Lumpur. Sementara itu, pihak Airways berjanji bahwa kesalahan seperti ini tidak akan terjadi lagi di kemudian hari.

“Pilot pesawat itu mungkin belum terbiasa dengan jalur tersebut. Terlepas dari itu, pilot sudah bekerja dengan sangat baik dengan langsung menyadari kesalahan rute dan langsung bertanya ke ATC,” ujar Peter Clark, ahli penerbangan Selandia Baru, seperti dilansir Telegraph