Find Us On Social Media :

Banyak Resolusi yang Tak Tercapai di 2015? Inilah Tips Agar Resolusi 2016 Bisa Terpenuhi (1)

By Lintang Bestari, Sabtu, 2 Januari 2016 | 16:00 WIB

Banyak Resolusi yang Tak Tercapai di 2015? Inilah Tips Agar Resolusi 2016 Bisa Terpenuhi (1)

Intisari-Online.com – Bagaimana dengan resolusi Anda di 2015? Apakah tercapai semua? Jika belum, mungkin Anda bisa memperbaikinya tahun ini. Inilah tips-tips agar resolusi 2016 bisa terpenuhi:

Fokus kepada resolusi tahun baruMemiliki daftar resolusi yang sangat panjang? Lebih baik kita meringkasnya sehingga resolusi-resolusi itu bisa tercapai di akhir tahun. Kelly McGonical, psikolog kesehatan di Stanford University mengatakan, tidak mudah untuk melakukan perubahan. Untuk itu, kita harus memprioritaskan agar bisa mendapat hasil maksimal. “Jangan biarkan satu resolusi berjalan terlalu lama sehingga mengacaukan resolusi lainnya,” kata Kelly.

Pilih yang paling berhargaKemungkinan kita sukses mencapai resolusi semakin besar jika kita hanya memiliki satu atau dua resolusi yang benar-benar kita inginkan. Pilih resolusi yang paling menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Cara mudah memilihnya, bisa dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri: “Apakah kamu bangga jika berhasil memenuhi resolusi ini?”. Jika masih bingung menjawabnya, maka kita bisa melepaskan resolusi itu.

Pikirkan gambar besarnyaAda sebuah nasihat yang mengatakan, kita harus memilih resolusi yang lebih spesifik dan terukur. Hal itu benar adanya karena lebih memudahkan. Menurut Kelly, sebaiknya kita membuat resolusi terukur yang berkaitan dengan kesehatan dan keuangan. Misalnya, menurunkan berat badan berapa kilogram dan menabung setiap bulannya berapa rupiah.

Beri waktu istirahatPikirkan apa yang bisa kita lakukan, lalu bagi setengahnya. Misalnya, jika kita ingin menabung 10% setiap bulannya dari gaji, maka lakukan setengahnya. Artinya, setiap bulannya, kita wajib menabung 5% dari gaji. (time.com)