Find Us On Social Media :

Lebih dari 100 Paus Terdampar di Pantai Selatan India, Sebagian Besar Tewas

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 13 Januari 2016 | 11:30 WIB

Lebih dari 100 Paus Terdampar di Pantai Selatan India, Sebagian Besar Tewas

Intisari-Online.com - Lebih dari 100 paus terdampar di pantai selatan India. Dari jumlah itu, sebanyak 36 berhasil diselematkan oleh nelayan setempat sementara 45 ejir sisanya tewas tak tertolong.

Kabar yang beredar menyebut, paus-paus itu terdampar setelah berjemur di perairan di negara bagiana Tamil Nadu pada Senin (11/1) malam. Paus-paus yang berukuran relatif kecil itu tersebar di sepanjang 16 km antara Alanthai-Palamozhi di distrik Tuticorin.

Para nelayan yang kebingungan akhirnya menyeret beberapa paus itu kembali ke laut, sementara yang tewasnya dibawa ke pinggir. Seperti dilaporkan Mashable, para pejabat setempat masih mencoba untuk mencari tahu apa musabab terdamparnya paus-paus itu.

Kasus lebih besar pernah terjadi di Tuticorin. Tahun 1973, sekitar 147 paus pilot terdampar di perairan tersebut. Sementara tahun 2012, sekitar 41 paus tewas setelah terdampar di Pulau Andaman Utara di Teluk Bengal, dekat pantai Tamil Nadu. Hingga sekarang, para ilmuwan belum menemukan penyebab kematian tidak wajar paus-paus tersebut.

Juni lalu, kematian paus biru yang terdampar di sebuah pantai di barat India memicu diskusi sengit di antara pengamat perpausan. Mereka menyebut tidak adanya protokol penyelamatan mamalia terdampar di India menjadi salah satu biang kerok masifnya kematian paus di negeri padat penduduk itu.