Find Us On Social Media :

Inilah Keanehan-keanehan yang Pernah Terjadi di Seputar Piala Oscar

By Moh Habib Asyhad, Senin, 29 Februari 2016 | 16:00 WIB

Inilah Keanehan-keanehan yang Pernah Terjadi di Seputar Piala Oscar

Intisari-Online.com - Academy Award ke-88 alias Piala Oscar 2016 baru saja diselenggarakan dengan menobatkan Spotlight sebagai film terbaik, Leonordo DiCaprio dan Brie Larson masing-masing sebagai Pemeran Utama Terbaik. Terlepas dari itu, ada beberapa keanehan-keanehan yang pernah terjadi di seputar Piala Oscar yang pertama kali dihelat pada Mei 1929 itu.

Inilah keanehan-keanehan yang karang diketahui khalayak ramai itu:

- Pemenang Oscar pertama ternyata filmnya tidak jelas

Orang pertama kali yang dinobatkan sebagai pemenang Oscar adalah Emil Jannings, seorang aktor film-bisu, yang menang berkat dua filmnya, The Last Command (1928) dan The Way of All Flesh (1927).

Kemenangan Jannings dipenuhi banyak keanehan, salah satunya adalah Jannings menang bukan dari satu film, tapi dari banyak film; salinan film The Way of All Flesh sendiri tidak ada. Dengan kata lain, film ini sepenuhnya hilang. Bahkan, nama German Shepherd dalam Rin Tin Tin mendapat suara lebih banyak dalam voting dibanding Jannings.

- Pemenang Oscar hidup lebih lama?

Sebuah artikel dalam jurnal Annals of Internal Medicine menuliskan, pemenang Oscar memiliki harapan hidup 3,9 tahun lebih lama dibanding pemain yang kurang dikenal pada masanya. Beberapa ahli berhepotesis, bahwa status sosial memiliki korelasi dengan kualitas hidup.

- Kehidupan patung Oscar yang tak biasa

Dilapisi emas 24 karat dengan tinggi 34 cm, patung Oscar kadang ditempatkan di tempat yang tak semestinya. Jannifer Lawrence yang memenanginya pada 2013 lebih suka menaruhnya di papan pianonya alih-alih di rak piala.

Kate Winslet, Emma Thompson, dan Sean Connery mengaku menaruh piala-piala mereka di kamar mandi. Lebih aneh lagi Russell Crowe, pria yang memenangkan Oscar via Gladiator itu menaruh pialanya di kandang ayamnya.

- Bingkisan-bingkisan aneh

Bingkisan-bingkisan yang diberikan kepada undangan Oscar terkenal sangat mahal. Menurut laporan, kisaran harga untuk bingkisan tahun 2014 sekitar AS$80 ribu dolar. Pertanyaannya, apakah para selebritis itu akan menggunakan barang-barang aneh yang ada dalam bingkisan tersebut mengingat bingkisan yang mereka cukup aneh—salah satunya pelindung kepala untuk mandi supaya tidak terkena air shower?