Find Us On Social Media :

Hacker Bjorka Sebut Muchdi PR Dalang Pembunuhan Munir, Pria yang di Awal Kariernya Dekat dengan Prabowo Subianto Ini Konon Memang 'Bermasalah' dengan sang Aktivis HAM

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 12 September 2022 | 09:27 WIB

Muchdi Purwoprandjono and Syahrir MS

Intisari-Online.com - Hacker Bjorka kembali membuat heboh dengan membocorkan dokumen rahasia negara, Jumat (9/9/2022).

Kali ini Sebanyak 679.180 transaksi surat dan dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia (RI) diduga bocor. 

Berkaitan dengan hal itu, tak sedikit warganet yang meminta Bjorka untuk mengungkap kasus pembunuhan Munir dan atau Supersemar.

"Why so many people tagging me about munir and supersemar," tulis Bjorka di akun Twitter miliknya (10/9).

Selang satu hari kemudian, hacker Bjorka mengungkapkan identitas siapa dalang pembunuh Munir beserta melampirkan artikel terkait kasus tersebut.

Ia mengklaim orang tersebut adalah Muchdi Purwopranjono dan sekaligus melakukan doxing.

Lantas, siapakah Muchdi Purwopranjono? Dalam dokumen yang diterbitkan oleh Kontras, Muchdi Purwopranjono adalah seorang tentara yang berasal dari Sleman, Yogjakarta.

Ia berasal dari keluarga yang taat agama dan Ayahnya adalah seorang tokoh Masyumi lokal sedangkan sang ibunda berasal dari keluarga Nahdliyin.

Pada awal masa kariernya ia pernah diterjunkan ke Timor Leste sebagai Komandan Pleton para-komando dan Komandan Kompi para-komando dimana ia menjalin kedekatan dengan Prabowo Subianto.

Pada tanggal 22 Maret 1998, Muchdi dipromosikan menjadi Danjen Kopassus sedangkan Prabowo dipromosikan menjadi Pangkostrad.

Setelah Suharto tumbang, Prabowo diberhentikan secara hormat atas rekomendasi Dewan Kehormatan Perwira karena mengamankan Aan Rusdianto, Mugiyanto, Nazar Patria, Haryanto Tasalam, Rahardjo Waluyojati, Faisal Reza, Pius Lustrilanang dan Desmond J Mahesa.