Find Us On Social Media :

Mendikbud: Orangtua Jangan Buat Siswa Tegang Menjelang UN

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 30 Maret 2016 | 11:30 WIB

Mendikbud: Orangtua Jangan Buat Siswa Tegang Menjelang UN

Intisari-Online.com - Tidak lama lagi para siswa di sekolah-sekolah baik Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Secara khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengintruksikan supapa orangtua jangan membuat siswa tegang menjelas UN 2016.

“Jangan buat suasana menegangkan untuk anak-anak, biasa saja,” ujar Anies di Jakarta, Selasa (29/3). “Sampaikan kepada anak-anak bahwa ini ujian normal.”

Menurut mantan Rektor Universitas Paramadina itu, setiap orang pasti menjalani ujian hidupnya masing-masing. Misalnya, ada ujian hidup yang diselenggarakan bersamaan. Ada pula ujian hidup yang dijalani sendiri-sendiri karena itu semua adalah perjalanan yang normal.

“Jadi, buat para orangtua jangan buat suasana yang menegangkan. Buat anak-anak juga jalani ini dengan tenang dan buat penyelenggara jaga integritas,” tambahnya.

Tak hanya itu, laki-laki yang lahir dan besar di Sleman, Yogyakarta itu juga mengatakan bahwa ujian harus dijalani dengan kejujuran dan ujian dipakai untuk mengetahui sampai sejauh mana pencapaian yang didapat.

“Jadi, itulah tujuan kita berkaca, karena tujuan ujian salah satunya untuk berkaca di mana letak kekurangan dan kelebihan kita,” tegasnya.

Untuk diketahui, Ujian Nasional 2016 sendiri akan berlangsung pada 4-6 April untuk SMA/MA sedangkan SMK 4-7 April. Sementara untuk SMP/MTs/SMPTK/SMPLB akan berlangsung pada 9-12 Mei 2016, dan Ujian Sekolah (US) untuk SD/MI/SDLB akan berlangsung pada 16-18 Mei 2016.