Find Us On Social Media :

Mengunjungi Jejak-jejak Kartini di Sekitar Kota Kelahirannya

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 21 April 2016 | 16:00 WIB

Mengunjungi Jejak-jejak Kartini di Sekitar Kota Kelahirannya

Intisari-Online.com - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan hari kelahiran Kartini—biasa kita sebut dengan Hari Kartini. Salah satunya dengan berwisata mengunjungi jejak-jejak Kartini di sekitar kota kelahirannya, di Rembang dan Jepara.

Kita tahu, Kartini dilahirkan di Jepara, tapi ia menghabiskan masa akhir hidupnya di Rembang. Nah, ada beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi, yang terkait dengan perempuan pejuang emansipasi ini. Selain bersenang-senang, kita juga bisa mengenang jasa-jasanya.

Monumen Ari-ari Kartini

Di Desa Pelemkerep, Jepara, terdapat Monumen Ari-ari Kartini. Kartini lahir di desa ini. Walaupun rumah kelairannya sudah tidak ada, di bagian belakang masih tertanam tali pusar Kartini. Hal ini sesuai adat Jawa bahwa saat lahir, ari-ari sang bayi ditanam. Di tempat ari-ari Kartini ditanam, dibangun monumen berbentuk bunga teratai. Bunga teratai adalah bunga favorit Kartini.

Pendopo Kabupaten Jepara

Kartini sempat tinggal di pendopo Kabupaten Jepara selama masa remaja. Bisa dibilang inilah tempat Kartini dibesarkan. Sebab, ayah Kartini adalah Bupati Jepara. Beberapa ahli sejarah menyebutkan banyak buah pikiran Kartini muncu di tempat ini.  Lokasinya di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara.

Museum Kartini Jepara

Ada dua museum Kartini, yaitu di Jepara dan di Rembang. Museum Kartini Jepara yang berlokasi di, menyimpan barang-barang milik Kartini semasa hidupnya. Tak hanya koleksi yang berkaitan dengan Kartini, beragam koleksi lainnya berkaitan dengan sejarah Jepara itu sendiri.  Lokasinya di Alun-alun Nomor 1, Jepara.

Pantai Kartini

Pantai Kartini terletak di Jepara dan dekat dengan pendopo, kediaman Kartini saat ayahnya menjabat sebagai Bupati Jepara. Ia kerap melancong dan bermain di pantai ini saat masih anak-anak.

Museum Kamar Pengabadian Kartini Rembang

Pada usia 24, Kartini menikah dengan Bupati Rembang. Ia pun pindah ke Rembang. Rumah tempat tinggal Kartini dan suaminya, Djojoadiningrat, kini menjadi Museum Kartini. Lokasinya di Jalan Gatot Subroto.