Find Us On Social Media :

Wow, 5 Detail dari Sejarah Peperangan Ini Menjadi Inspirasi Film Star Wars

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 4 Mei 2016 | 16:00 WIB

Wow, 5 Detail dari Sejarah Peperangan Ini Menjadi Inspirasi Film Star Wars

Intisari-Online.com – Star Wars, sebuah film opera antariksa yang menceritakan kisah klasik antara kebaikan melawan kejahatan. Dalam film tersebut kita akan melihat beragam tokoh protagonis seperti Luke Skywalker dan Chewbacca melawan tokoh antagonis dari Galactic Empire atau Kekaisaran Galaksi.Film tersebut telah menyebar menjadi waralaba besar dengan tujuh film layar lebar, buku, film televisi, dan barang-barang jualan seperti mainan. Star Wars pertama kali rilis pada tahun 1977 dan sejak itu juga ia telah menjadi bagian dari kebudayaan populer.

Kini tanggal 4 Mei menjadi sebuah peringatan internasional untuk merayakan karya sinema berjudul Star Wars beserta para penggemar film tersebut. Acara tersebut dinamakan sebagai “May The Fourth Be With You” yang mulai diselenggarakan secara terorganisir pada tahun 2011. Untuk mengingat hari perayaan tersebut, kita akan melihat fakta menarik dibalik film yang diciptakan oleh George Lucas ini.

Hal yang cukup menarik adalah inspirasi untuk film Star Wars. Apakah Anda tahu bahwa beberapa inspirasi yang diambil oleh film antariksa tersebut berdasarkan sejarah perang yang nyata? Ingin tahu lebih lanjut detail dari peperangan apa saja yang menginspirasikan “perang bintang” ini? Berikut adalah 5 peperangan nyata yang dilansir dari history.com dan sumber lainnya.

1. Nazi Jerman dan Perang Dunia II

Dalam film Star Wars, pihak kekaisaran yang menjadi antagonis utama memiliki tentara yang dinamakan stormtrooper. Kemiripan nama pasukan tersebut dapat kita temukan di Partai Nazi. Kemiripan lainnya juga dapat kita lihat dari kostum petugas yang mengoperasikan pesawat antariksa serta helm salah satu antagonis utama bernama Darth Vader. Episode 7 sendiri menjadi film terbaru yang merefleksikan kekuatan Nazi melalui pidato dan simbol-simbol lainnya.

2. Perang Vietnam

Gerilya adalah strategi yang digunakan para protagonis dari Rebel Alliance atau Persatuan Pemberontak. Dengan mengacu pada episode 6, kita bisa melihat bagaimana para pemberontak bagaikan kelompok kecil yang melawan kekuatan besar dari kekaisaran. Bahkan George Lucas mengatakan bahwa Ewok (spesies penghuni lokasi peperangan terakhir) terinspirasi oleh pasukan Vietnam Utara bernama Viet Cong.

3. Romawi

Institusi politik di Star Wars seperti Senat, Republik, hingga Kekaisaran mendapatkan inspirasinya dari Romawi. Sedangkan perubahan sistem pemerintahan yang terjadi di film tersebut juga dapat direfleksikan dari perubahan Romawi dari republik menjadi monarki. Inspirasi lainnya yang digunakan Lucas dapat dilihat dari arsitektur sebuah planet bernama Naboo dan balap kendaraan yang memiliki kemiripan dengan kereta tempur Romawi.

4. Samurai, Biksu, dan Ksatria Templar

Ketiga hal tersebut menjadi sumber dari sebuah kelompok pelindung galaksi yang dinamakan sebagai Jedi. Spiritualisme, kebijakan, dan pakaian berbentuk jubah yang mereka kenakan dapat diambil dari biksu. Kemudian pedang beserta gerakan yang digunakannya mengambil inspirasi terbesarnya dari samurai.Terakhir, beberapa poin poin menunjukkan bahwa apa yang diciptakan oleh Lucas memiliki kesamaan dengan Ksatria Templar. Mereka bergerak dalam militer dan misi keimanan, juga menggunakan jubah, memiliki hirarki serta kepemimpinan sejenis, dan dilenyapkan oleh seorang pemimpin (MacMullan: 2012).

5. Perang Dingin

Dalam kasus ini, Star Wars dan sejarah seakan saling menginspirasi. Nuklir menjadi isu besar saat kubu barat dan timur berseteru, dan Star Wars menghadirkan sebuah senjata besar yang dapat menghancurkan sebuah planet biru layaknya Bumi pada tahun 1977.  Kemudian pada tahun 1980-an Presiden Ronald Reagan sempat mengajukan inisiatif pertahanan strategis bernaa “Star Wars.”Bagaimana cara bekerjanya? Amerika Serikat diproyeksikan untuk menggunakan laser untuk melindungi diri dari misil nuklir musuh. Ya, laser layaknya di film peperangan luar angkasa ini.