Find Us On Social Media :

Akhirnya, India Resmikan Salah Satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atas Atap Terbesar di Dunia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 19 Mei 2016 | 10:30 WIB

Akhirnya, India Resmikan Salah Satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atas Atap Terbesar di Dunia

Intisari-Online.com - Punjab, salah satu negara bagian di India bagian utara, akhirnya meresmikan salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya di atas atap terbesar di dunia. Pembangkit listrik ini terbentang di atas delapan atas dengan luas 82 acre (sekitar 33 hektare).

Proyek 1,35 miliar rupee (sekitar Rp271 miliar) diharapkan memiliki manfaat signifikan terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, proyek ini juga diharapkan bisa mengurangi 400 ribu ton CO2 (karbon dioksida) selama 25 tahun ke depan. Pemerintah Punjab mengatakan, proyek ini akan menghasilkan listrik yang cukup untuk 8.000 rumah.

Lebih dari itu, proyek ini juga bisa menjadi percontohan bagi wilayah lainnya untuk mengatasi krisis energi yang terjadi belakangan.

India sendiri telah mempromosikan keberadaan listrik tenaga surya ke hampir seluruh negara bagian. Langkah ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas tenaga surya 100 gigawatt pada 2022 nanti.

 

Belum lama, tepatnya pada Agustus tahun lalu, India juga meresmikan bandara pertama dengan listrik tenaga surya di kota Kochi. Langkah ini juga telah diikuti oleh The Indian Railways dengan membangun kereta listrik tenaga surya pertamanya. Proyek ini kabarnya akan beroperasi pada 2017 nanti.

Indonesia sepertinya masih jauh panggang dari api!