Find Us On Social Media :

Soal Penembakan Orlando, Dalai Lama: Semua Agama Punya Orang Jahat

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 14 Juni 2016 | 11:00 WIB

Soal Penembakan Orlando, Dalai Lama: Semua Agama Punya Orang Jahat

Intisari-Online.com - Dalai Lama memiliki tanggapannya sendiri terkait pernyataan Donald Trump sesaat setelah penembakan di sebuah kelab malam di Orlando pada Minggu (12/6) kemarin. Ia menegaskan dua poin: salah besar jika menilai semua Muslim sebagai teroris potensial dan semua agama punya orang jahat dan pengacau.

Secara khusus, pemimpin spiritual Tibet itu menyebut penembakan yang menewaskan 50 orang itu sebagai ‘tragedi sangat serius’.

Dalam laporannya pada Selasa (14/6), Reuters menyebutkan, Dalai Lama dimintai pandangannya tentang kasus Orlando dan larangan Trump untuk imigran Muslim masuk AS. Menurutnya, Trump mempunyai hak mengeluarkan pendapat. Namun, ia mengatakan, pandangan kandidat Presiden AS itu harus dipersoalkan.

 

Dalai Lama mengatakan, jika dia mempunyai kesempatan, ia akan meminta penjelasan Trump. Kita tahu, pascaserangan di Orlando, Trump kembali mengemukakan gagasan kontroversialnya yakni membangun tembok pembatas, melarang imigran dan Muslim masuk ke AS.

Dalam setiap komunitas agama, kata Dalai Lama, termasuk agama Buddha, ada beberapa orang jahat. “Namun, Anda tidak bisa menggeneralisasi. Beberapa individu Muslim melakukan aksi teror, tetapi kita tidak bisa mengatakan ‘semua Muslim itu teroris.’ Saya pastikan itu adalah pandangan yang salah.”