Find Us On Social Media :

5 Perubahan yang Akan Terjadi Setelah Inggris Berpisah dengan Uni Eropa (2)

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 28 Juni 2016 | 08:00 WIB

5 Perubahan yang Akan Terjadi Setelah Inggris Berpisah dengan Uni Eropa (2)

Intisari-Online.com Brexit adalah langkah Inggris yang memutuskan untuk berpisah dengan Uni Eropa. Setelah hasil menunjukkan bahwa negara tersebut resmi berpisah, hal apa saja yang akan terjadi di Inggris Raya? Berikut adalah  lanjutan dari artikel 5 perubahan yang akan terjadi setelah Inggris berpisah dengan Uni Eropa.

3. Kebebasan dalam perdagangan internasional

Bagaimana bentuk kebebasan tersebut? Setelah berpisah dengan Uni Eropa, bisnis dan perdagangan Inggris juga terbebaskan oleh peraturan dan regulasi organisasi tersebut. Karena itu Inggris dapat melakukan perdagangan sendiri dengan Amerika Serikat atau negara-negara Persemakmuran seperti India.

Akan tetapi pendapat lain muncul dari pihak yang menolak Brexit bahwa Inggris akan mengalami halangan melalui panjangnya negosiasi, munculnya pembatasan perdagangan yang lebih banyak, dan kehilangan beberapa akses dalam pasar internal.

4. Mengembalikan kedaulatan Inggris Raya

Brexit dengan referendumnya menjadi kesempatan satu dalam seumur hidup untuk Inggris dalam upaya mengembalikan kedaulatannya. Pihak yang menentang Uni Eropa mengatakan bahwa kebijakan yang mempengaruhi Inggris dianggap tidak demokratis dan tidak seharusnya diatur oleh birokrat dari Brussel.

Tentunya asumsi negatif dari Brexit kembali muncul, dengan pihak yang menolak menganggap bahwa kekuatan Inggris di dunia internasional akan berkurang setelah berpisah dengan Uni Eropa.

5. Dampak lemahnya mata uang

Poundsterling melemah dan berada di bawah euro serta dolar Amerika Serikat. Karena itu muncul prediksi negatif seperti meningkatnya biaya perjalanan, biaya impor, makanan, dan barang-barang yang digunakan setiap hari oleh warga Inggris.

Melemahnya mata uang Inggris menjadi efek tercepat dari berhasilnya Brexit, apakah asumsi yang dijelaskan di atas dapat terjadi? Bisa jadi. Akan tetapi selalu ada sisi lain, baik itu untuk perkembangan positif atau negatif dari dampak berpisahnya Inggris terhadap Uni Eropa. Bagaimana masa depan setelah Brexit?  Perencanaan dapat dibuat, setelah itu hanya waktu yang akan tahu.

(express.co.uk)