Find Us On Social Media :

Jawaban atas Misteri Batu Bulat Raksasa di Siberia

By Lila Nathania, Senin, 11 Juli 2016 | 15:30 WIB

Jawaban atas Misteri Batu Bulat Raksasa di Siberia

Intisari-Online.com – Batu berbentuk aneh biasanya menyimpan cerita unik. Inilah jawaban atas misteri batu bulat raksasa di Siberia.

Sejumlah teori telah dikeluarkan untuk menjelaskan batu-batu bulat misterius di Siberia. Ada yang berkata bahwa batu bulat itu adalah monument buatan alien, telur dinosaurus, atau peninggalan dari peradaban kuno. Beberapa ilmuwan bahkan menyebut batu ini sebagai ‘Jurrasic Pearls’ atau Mutiara Jurrasic.

Total batu-batu misterius ini ada 10. Semua bola-bola ini diambil dari tanah yang kedalamannya sekitar 30 meter tepatnya pada lokasi tambang batu bara Sereulsky, Distrik Nazarovo, Rusia. Batu-batu ini akan berubah warna menjadi cokelat seperti berkarat bila terkena hujan.

Baru-baru ini peneliti telah memindahkan bola-bola tersebut untuk diteliti. Batu-batu itu ternyata memang terbentuk secara alami selama jutaan tahun. Bola batu ini disebut sebagai konkresi atau materi mineral yang mengeras dalam proses sedimentasi.

Pihak Geology Museum of Central Siberia, Olga Yakunina, menginformasikan bahwa batu-batu ini terbentuk seperti mutiara. Ketika ada pasir masuk ke kerang, maka kerang akan mengubah pasir itu menjadi mutiara. Begitu juga dengan proses konkresi.

Proses konkresi terjadi saat air masuk ke batuan sedimen dan meninggalkan mineral yang saling terikat satu sama lain dengan pasir, lumpur, dan partikel-partikel lainnya. Konkresi ini sangatlah langka. Jadi, tak perlu bertanya-tanya lagi apakah bebatuan tersebut berasal dari luar angkasa. Jawabannya ternyata berasal dari bumi kita sendiri.

(iflscience.com)