Find Us On Social Media :

Tak Disangka, Teka-teki Silang yang Diisi Perempuan 91 Tahun Ini Ternyata Karya Seni Senilai Rp1,1 Miliar

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 Juli 2016 | 16:30 WIB

Tak Disangka, Teka-teki Silang yang Diisi Perempuan 91 Tahun Ini Ternyata Karya Seni Senilai Rp1,1 Miliar

Intisari-Online.com - Tak ada keinginan lain dari perempuan 91 tahun ini kecuali pergi ke museum dan mengisi teka-teki silang. Tapi siapa sangka, teki-teki silang ia ia isi ternyata sebuah karya seni senilai 67 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,1 miliar.

Atas kejadian ini, pensiunan itu diinterogasi polisi atas tuduhan merusak karya seni bernilai tinggi bernama “Reading-work-piece”, sebuah karya seni modern yang terlihat seperti teka-teki silang yang kosong. Karya tahun 1965 ini dikerjakan oleh seniman avant-grade Arthur Koepcke ini dibubuhi frasa “masukkan kata-kata”—dan perempuan tua ini sepertinya terlalu menganggapnya harafiah.

Tentu kesalahan yang dilakukan anggota warga senior yang gemar mengunjungi museum ini dilakukan tanpa sengaja. Tapi alih-alih menertawakannya, kepala museum justru bereaksi sangat keras dan langsung mengajukan aduan pidana.Inilah penampakan "TTS" karya seni itu:

Direktur Museum Eva-Christina Kraus menyebut dilaporkannya keteledoran ini semata-mata untuk alasan asuransi, dan tidak ada niat jelek sedikit pun. Menurut Suddeutsche Zeitung, perempuan tua itu mengatakan kepada petugas kepolisian bahwa dirinya percaya bahwa tanda itu adalah instruksi supaya ia mengisi teka-teki tersebut.

Terlepas dari reaksi kaku yang ditunjukkan kepala museum, untungnya, kolektor swasta yang disebut sebagai pemilik karya seni itu menanggapi kesalahan ini dengan nisbi santai dan humoris. Ia yakin, “kerusakan” itu bisa dipulihkan dengan segera.