Find Us On Social Media :

Pemandu Turis dari Bolivia Ini Tak Sengaja Menemukan Jejak Kaki Dinosaurus Paling Besar di Dunia

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 29 Juli 2016 | 10:00 WIB

Pemandu Turis dari Bolivia Ini Tak Sengaja Menemukan Jejak Kaki Dinosaurus Paling Besar di Dunia

Intisari-Online.com - Pemandu wisata asal Bolivia ini secara tak sengaja menemukan jejak kaki dinosaurus paling besar yang pernah hidup di Bumi. Jika dilihat dari ukurannya, lebar 1 meter, jejak kaki berusia 80 juta tahun itu kemungkinan milik dinosaurus predator, Abelisaurus.

“Jejak kaki ini lebih besar dibanding jejak kaki lain yang sudah ditemukan selama ini di kawasan yang sama,” kata paleontolog Sebastian Apesteguia kepada Reuters. “Jejak kaki ini adalah yang terbesar untuk dinosaurus karnivora di akhir masa Cretaceous di Amerika Selatan.”

Untuk diketahui, pemandu wisata yang tidak disebutkan namanya itu menemukan jejak kaki tersebut awal bulan ini di dekat kota Sucre, wilayah tengah Bolivia. Tulang belulang Abelisaurus sebelumnya juga banyak ditemukan di Amerika Selatan. Fosil Abelisaurus pertama kali ditemukan oleh pelaentolog Argentina Jose F Bonaparte dan Fernando E Novas pada 1985.

  

Setelah menemukan tengkorak lengkap hewan tersebut di Rio Negro, Argentina, para ilmuwan meyakini dinosaurus ini termasuk keluarga baru predator dan bukan pemangsa sejenis Tiranosaurus. Meski tengkorak abelisaurus sudah ditemukan tetapi belum banyak diketahui terkait ukuran hewan prasejarah ini.

Jejak kaki yang baru ditemukan ini diharap bisa memberi tambahan informasi kepada para ilmuwan untuk memperkirakan ukuran dinosaurus tersebut.