Find Us On Social Media :

Bar Ini akan Memblokir Sinyal Ponsel Pengunjungnya Agar Bercengkrama dengan yang Lainnya

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 2 Agustus 2016 | 17:00 WIB

Bar Ini akan Memblokir Sinyal Ponsel Pengunjungnya Agar Bercengkrama dengan yang Lainnya

Intisari-Online.com - Beberapa pakar menyebut, salah satu dampak buruk menjamurnya ponsel pintar adalah karena ia membuat penggunanya menjadi asosial. Untuk mengantisipasi itu, sebuah bar di Hove, Inggris, akan memblokir sinyal ponsel para pengunjungnya sehingga mereka bisa bercengkrama dengan pengunjung lainnya.

Dengan begitu, The Gin Club, nama bar itu, ingin mendorong semua orang yang datang ke sana menjadi lebih sosial. Alih-alih sibuk bercengkrama lewat media sosial di ponsel mereka, bar ini mengajar para pengunjungnya bertutur sapa dalam dunia nyata.

“Saya hanya ingin orang-orang menikmati malam di bar saya, tanpa terganggu oleh ponsel mereka,” ujar Steve Tyler, pemilik bar, kepada SkyNews. “Jadi, daripada meminta mereka tidak menggunakan ponsel, saya (memilih) menyetop ponsel mereka bekerja.”

Tyler menggunakan sistem sangkar Farabay merusak penerimaan. Metode ini terinspirasi oleh fisikawan Michael Faraday. Tapi itu tidak 100% diblokir—hanya  membuat sinyal benar-benar masuk sehingga mereka harus melangkah keluar untuk mendapatkan sinyal.

Dan jika Anda bertanya-tanya apakah itu ilegal, tak ada yang tahu pasti jawabnya.

“(Sistem) sangkar Faraday tidak terlalu aktif menyebabkan gangguan, meskipun mereka mengganggu penerimaan sinyal,” ujar juru bicara Ofcom. “Kami akan selalu merekomendasikan orang mencari nasihat hukum jika ada yang yakin bahwa instalasi itu melanggar hukum.”

Sejauh ini, sistem ini telah terbukti ampuh terhadap para pelanggan dan memiliki efek seperti yang diinginkan.