Find Us On Social Media :

Dengan Kaligrafi, Petani China Ini Bisa Menjual Lebih Banyak Semangka dari Biasanya

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 5 Agustus 2016 | 13:00 WIB

Dengan Kaligrafi, Petani China Ini Bisa Menjual Lebih Banyak Semangka dari Biasanya

Intisari-Online.com - Beragam cara dilakukan seorang pedagang untuk membuat dagangannya laku. Dan mungkin kita bisa meniru cara mereka. Di China, seorang petani mengaku bisa menjual lebih banyak semangka dibanding biasanya dengan melukiskan kaligrafi di atas kulit semangka-semangkanya.

Petani dari Pingdingshan, Provinsi Henan, ini mengaku telah menjual sekitar 3.000 kg semangka dalam 11 hari. Lantaran kesuksesannya itu, Gu Xinliang, nama petani itu, kini telah menjadi selebrita dadakan di kampungnya. Ia pun menjadi perbincangan di media sosial.

“Saya tidak pernah berpikir akan lebih mudah bagi saya dengan menjual semangka dengan cara ini,” ujar petani 56 tahun itu. “Meskipun saya benar-benar menyukai kaligrafi, cukup sulit untuk menggambarnya di permukaan semangka. Dibutuhkan beberapa waktu untuk menggambarnya. Awalnya, saya membutuhkan sekitar 10 menit untuk satu kaligrafi, tapi sekarang sekitar lima menitan, lah.”

 

Gu mengaku senang ketika tahu orang-orang berbaris untuk membeli semangkanya. Beberapa pelanggan bahkan membuat permintaan khusus dengan karakter yang mereka inginkan. Seperti karakter ini “囍” yang berarti “kebahagiaan ganda”.

Soal membuat kaligrafi pada semangkanya, alat yang digunakan Gu adalah kukunya. Benar, kukunya. Bukan alat lain. Menurutnya, kuku lebih mudah dikontrol dan meminimalkan kerusakaan di area sekitarnya.