Find Us On Social Media :

Bra Abad Pertengahan Ditemukan di Kastil Austria

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 10 Agustus 2016 | 12:00 WIB

Bra Abad Pertengahan Ditemukan di Kastil Austria

Intisari-Online.com - Pakar mode terkejut dengan penemuan empat bra berusia 600 tahun di sebuah kastil di Austria bernama Kastil Lengberg. Temuan ini sedikit banyak menjawab bagaimana gaya berpakaian perempuan di Abad Pertengahan.

Kastil Lengberg pertama kali dibangun pada 1190, dan dibangun kembali pada abad ke-15 dengan menambahkan dua lantai. Selama rekontruksi yang dilakukan pada 2008 lalu, sebuah ruangan yang penuh dengan sampah ditemukan di bawah lantai ruangan di lantai dua. Ada kemungkinan, ruangan ini sengaja ditutup ketika pembangunan ulang di abad 15. 

Di antara sampah-sampah kering yang masih awet ditemukan empat bra dengan tipe yang berbeda-beda. Sekilas tidak berbeda jauh dengan bra modern, terlebih karena tipe cup yang berbeda-beda—tidak seperti bra-bra di zaman Yunani dan Romawi yang sederhana yang biasanya digunakan untuk menekan alih-alih menonjolkan payudara. 

Dua bra pertama tampak sepeti tas kantong. Bra ketiga terlihat lebih modern. Beberapa penulis mode menyebut bra ini dengan tipe “tuttenseck” atau “breastbags”, dengan dua tali di bahu. Sementara bra keempat, dalam istilah modern, disebut “longline bra”, yang populer di tahun 1950-an.

“Kami tidak tahu apakah semua perempuan (Eropa) Abad Pertengahan mengenakan breastbags—beberapa mungkin menggunakan. Terlepas itu, bra jenis ini telah diterima di masyarakat untuk mengurangi komentar-komentar satir tentang alat penyangga payudara,” tulis Beatrix Nutz, ahli mode dan peneliti di Institute of Archaeology, University of Innsbruck.

)