Find Us On Social Media :

Masih 14 Tahun, Bocah Ini Diterima Salah Satu Perguruan Tinggi Prestisius di China

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 11 Agustus 2016 | 16:20 WIB

Masih 14 Tahun, Bocah Ini Diterima Salah Satu Perguruan Tinggi Prestisius di China

Intisari-Online.com - Masih 14 tahun, bocah asal Shangdong ini sudah diterima di salah satu perguruan tinggi prestisius di China. Nama bocah itu adalah Zhou Tian sementara perguruan tinggi itu adalah University of Science and Technology of China.

Bocah berkacamata itu baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di SMA dan dalam ujian masuk perguruan tinggi atau gaokao, ia meraih nilai yang luar biasa yaitu 699. Awalnya, Zhou tak langsung mau masuk ke universitas itu dengan alasan dirinya mengikuti ujian masuk sekadar untuk mencoba kemampuannya dan tidak serius ingin segera kuliah.

Kejeniusan Zhou sudah tampak sejak kecil. Saat baru berusia tiga tahun, ia sudah bisa membaca 3.000 karakter huruf kanji China. Ketika berusia lima tahun, ia menunjukkan minat besar terhadap matematika dan dengan cepat belajar cara menambah, mengurangi, perkalian dan pembagian.

Tahun lalu, Zhou menjadi juara kedua kompetisi matematika tingkat SMA yang diikuti berbagai sekolah di China. Sementara dalam mata pelajaran matematika di ujian masuk universitas yang diikutinya, Zhao mendapatkan nilai 149 dari maksimal nilai 150.

 

“Zhou Tian belajar lebih keras dibanding anak-anak lain. Ia sangat suka membaca dan membentuk sendiri kebiasaan belajarnya,” kata ayah Zhou kepada wartawan. “Ia mempelajari sendiri pelajaran SMP saat masih duduk di bangku SD dan menyelesaikan pelajaran SMA saat masih menjadi siswa SMP.”

Setelah mempertimbangkan banyak hal, Zhou akhirnya bersedia msuk ke universitas itu tahun ini dan memulai tahun akademisnya akhir bulan ini. Untuk mempersiapkan diri Zhou yang bercita-cita menjadi ahli matematika ini mempelajari berbagai mata kuliah yang akan dihadapinya.