Find Us On Social Media :

Ada 10 Ribu PNS 'Siluman' di Seluruh Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 11 Agustus 2016 | 16:40 WIB

Ada 10 Ribu PNS 'Siluman' di Seluruh Indonesia

Intisari-Online.com - Ada 10 ribu pegwai negeri sipil (PNS) “siluman” di seluruh Indonesia. Mereka masih tercatat dalam basisdata Badan Kepegawian Nasional, masih menerima gaji setiap bulan, tapi mereka tidak diketahui keberadaannya. Wujuduhu ka adamihi alias ada orangnya tapi tak ada wujudnya.

Menurut Kepala Kepegawaian Nasional RI Bima Haria Wibisana, data awal menunjukkan ada 97 ribu PNS siluman, lalu menyusut menjadi 74 ribu. Setelah dilakukan verifikasi, turun lagi menjadi 25 ribu dan sekarang tinggal 10 ribu PNS.

“Mereka sudah beberapa kali diverifikasi namun hasilnya tetap mentok,” tukas Bima.

Berdasarkan institusi, jumlah PNS siluman paling banyak bekerja di institusi TNI/Polri. Pihaknya mengaku sulit mengakses data tersebut lantaran dana pensiun PNS bersangkutan berada di PT Asabri.

“Dana pensiunnya tidak di Taspen, sehingga kita sulit mengakses data orang-orangnya. Kita minta tolong ke Kemenhan untuk memverifikasi 4.500 PNS di lingkungan TNI/Polri,” ungkapnya.

Sedangkan sisanya, sebanyak 5.500 PNS siluman, akan dipilah lagi mengenai status kepegawaiannya. “Kami kelompokan, kami serahkan ke pejabat pembina kepegawaian untuk diperiksa. Kalau orangnya tidak ada, akan kita hapus dari database,” tegas Bima.

Bima mengaku belum bisa memastikan apakah PNS siluman tersebut fiktif atau tidak. Misalnya kemungkinan yang bersangkutan sakit stroke dan tidak pernah melapor. “Yang paling tahu masing-masing BKD,” lanjutnya.