Find Us On Social Media :

Berdasarkan Studi selama 100 Tahun, Inilah 10 Negara dengan Tinggi Badan Rata-rata Tertinggi di Dunia

By Lila Nathania, Minggu, 21 Agustus 2016 | 15:30 WIB

Berdasarkan Studi selama 100 Tahun, Inilah 10 Negara dengan Tinggi Badan Rata-rata Tertinggi di Dunia

Intisari-Online.com –  Tahukah Anda negara mana sajakah yang penduduknya paling tinggi? Berdasarkan studi selama 100 tahun, inilah 10 negara dengan rerata tinggi badan tertinggi di dunia.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengambil barang di rak supermarket yang tinggi, coba mintalah tolong pada pria Belanda atau perempuan Latvia. Dua negara itu berhasil meduduki urutan pertama negara dengan rerata pria dan perempuan tertinggi di dunia.

Hasil ini didapatkan setelah menganalisa tinggi badan manusia selama 100 tahun. Rata-rata tinggi pria Belanda adalah 183 cm dan perempuan Latvia 170 cm. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan dan jurnal eLife.

Penelitian ini juga tidak main-main karena dilakukan pada 187 negara selama 100 tahun dan meliputi 1.472 populasi. Dalam studi ini juga ditemukan bahwa rerata pria terpendek hidup di Timor Timur dengan tinggi 160 cm saja. Perempuan terpendek sendiri ada di Guatemala dengan rerata tinggi 150 cm.

Untuk rerata populasi tertinggi dunia saat ini masih didominasi oleh negara-negara Eropa. Australia adalah satu-satunya negara di luar Eropa yang masuk ke dalam peringkat 25 besar negara dengan penduduk tertinggi.

Secara berurutan, negara dengan perempuan tertinggi di dunia adalah Latvia, Belanda, Estonia, Republik Ceko, Serbia, Slovakia, Denmark, Lithuania, Belarus, dan Ukraina.

Sedangkan untuk negara dengan pria tertinggi adalah  Belanda, Belgia, Estonia, Latvia, Denmark. Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Serbia, Islandia, dan Republik Ceko.

(iflscience.com)