Find Us On Social Media :

Langka, Ratusan Rusa dan Puluhan Sapi Tewas Disambar Petir

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 30 Agustus 2016 | 14:00 WIB

Langka, Ratusan Rusa dan Puluhan Sapi Tewas Disambar Petir

Intisari-Online.com - Peristiwa aneh terjadi di sebuah padang rumput tandus di sebuah dataran tinggi di Norwegia. Senin (29/8) kemarin, ratusan rusa dan puluhan anak sapi tewas disambar petir. Menurut ingatan warga sekitar, kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Dilansir dari Associated Press, ribuan ekor rusa biasanya bermigrasi melintasi dataran tandus Hardanangervidda bersamaan dengan pergantian musim. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Norwegia merilis foto dan video tentang gambar yang menakutkan tentang kematian ratusan hewan liar dan sapi itu.

Tampak bangkai ratusan hewan berserakan di sebuah bukit dan lembah di dataran tinggi Hardangervidda, Norwegia tengah. Menurut petugas yang berurusan dengan satwa liar, ratusan hewan itu tewas akibat disambar petir. Mereka menyebut kejadian itu sebagai “bencana alam yang luar biasa besar”.

Petugas BLH menyatakan, ada 323 ekor hewan yang tewas, termasuk 70 ekor anak sapi, yang tewas akibat petir yang terjadi pada akhir pekan lalu. Juru bicara BLH, Kjartan Knutsen, mengatakan, belum pernah terjadi atau tidak biasa rusa atau satwa liar lainnya mati akibat sambaran petir.

“Kami belum mendengar tentang kejadian tersebut sebelumnya," kata Knutsen. Menurutnya, rusa cenderung untuk tinggal sangat dekat satu sama lain dalam cuaca buruk. Itu sebabnya mengapa ada banyak binatang yang tewas sekaligus.