Find Us On Social Media :

Veranda Talk, Cara Presiden Jokowi Akrabkan Diri dengan Tamu Negara Khusus

By Ade Sulaeman, Jumat, 2 September 2016 | 10:30 WIB

Veranda Talk, Cara Presiden Jokowi Akrabkan Diri dengan Tamu Negara Khusus

Intisari-Online.com - Lewat sebuah cara baru yang disebut veranda talk, Presiden Joko Widodi (Jokowi) berupata untuk mengakrabkan diri dengan tamu negara khusus, yangdianggap dekata atau penting oleh beliau.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, veranda talk merupakan ide dari Presiden dengan mengajak tamunya berbincang di Beranda Istana Merdeka.

"Veranda talk ini bukan hanya sekadar judul atau nama, melainkan mempunyai makna, yaitu pembicaraan akrab antara Presiden dan tamu negara yang dianggap dekat dan penting dalam substansi atau hubungan," ujar Djumala kepada wartawan, Kamis (1/9/2016).

Beranda Istana Merdeka terdiri dari satu meja panjang dan dua kursi kayu besar menghadap taman.

Ketika duduk di sana, tamu bisa menikmati hamparan pemandangan taman Istana yang rimbun dan asri.

Kicau burung juga terdengar jelas dari sana.

Tercatat, Perdana Menteri Timor Leste Rui Maria de Araujo merupakan tamu negara yang pertama kali diajak Presiden Jokowi berbincang di Beranda Istana Merdeka.

Saat itu, PM Rui berterima kasih atas keramahan yang ditunjukkan Presiden Jokowi.

Terakhir, pada Kamis (1/9/2016) kemarin, Presiden Jokowi berbincang dengan Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Perkembangan Keuangan Inklusif, Maxima Zorreguieta Cerruti, juga di Beranda Istana Merdeka.

Selama hampir satu jam, Jokowi dan Maxima, yang juga merupakan Ratu Belanda itu, berdiskusi tentang ekonomi inklusif di Indonesia.

Senyum dan tawa tampak menyelingi diskusi mereka.

Meski demikian, Djumala mengatakan, tidak semua tamu negara berkesempatan untuk berbincang di Beranda Istana Merdeka.