Find Us On Social Media :

Kopi Diprediksi Punah pada 2080

By Moh Habib Asyhad, Senin, 5 September 2016 | 16:00 WIB

Kopi Diprediksi Punah pada 2080

Intisari-Online.com - Buka mata Anda, dan perhatikan kabar buruk ini. Menurut laporan The Climate Institute, kopi diprediksi akan punah pada 2080 jika pemanasan global yang saat ini sudah terjadi terus mengalami peningkatan.

Menurut lembaga riset yang bermarkas di Sydney, Australia ini, peningkatan suhu akan merusak tanah yang digunakan untuk pertanian kopi. Akibatnya, tanaman kopi yang ditanam tidak akan menghasilkan biji sama sekali.

Pertumbuhan jamur dan hama pun disebut tak akan bisa menolong persoalan ini. Menurut lembaga ini, bahkan seluruh lahan pertanian hampir separuh dunia sudah tidak akan bisa ditanami kopi pada 2050. Miris. Maka, dampak panjangnya adalah kopi-kopi favorit kita akan benar-benar punah pada 2080.

Itu artinya, masa kejayaan kita dengan kopi tinggal 64 tahun lagi.

 

Bahkan sebelum tahun 2080, kenaikan suhu juga akan berpengaruh terhadap rasa dan aromi kopi. Selain itu, kopi juga akan menjadi lebih mahal, dan lebih sulit dihasilkan.

Dari sisi sosial-ekonomi, jika industri kopi benar-benar tidak ada, maka ratusan ribu pekerja di sektor ini akan kehilangan mata pencahariannya. Solusinya? Cegah pemanasan global secepat mungkin.