Find Us On Social Media :

Isabelle Dinoire, Perempuan Penerima Transplantasi Wajah Pertama di Dunia Meninggal Dunia

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 7 September 2016 | 16:00 WIB

Isabelle Dinoire, Perempuan Penerima Transplantasi Wajah Pertama di Dunia Meninggal Dunia

Intisari-Online.com - Operasi transplantasi wajah telah menjadi salah satu tren estetik saat ini. Data tahun 2014 menyebut, ada sekitar 1.500 kasus transplantasi wajah per tahunnya di Rusia, sementara di Amerika Serikat lebih banyak lagi, 20 ribu. Soal isu ini, ada kabar duka, perempuan penerima transplantasi wajah pertama di dunia, Isabelle Dinoire, baru saja meninggal dunia.

Dinoire menerima transplantasi wajah dalam sebuah operasi oleh Professor (Bernard) Devauchelle dan timnya pada 27 November 2005.

Meski berita kematiannya baru saja berhempus, namun sejatinya Dinoire sudah meninggal pada April lalu di sebuah rumah sakit di Amiens, Prancis utara, setelah menderita sakit panjang. Pihak rumah sakit masih merahasiakan musabab kematiannya demi privasi keliuarga.

Harian Le Figaro melaporkan, tubuh Dinoire telah mulai bereaksi menolak pencangkokannya tahun lalu “dan dia telah kehilangan sebagian dari cangkokan di bibirnya”. Obat-obatan yang digunakannya untuk mencegah tubuhnya dari penolakan terhadap pencangkokan itu menyebabkan ia menderita kanker. Dua kanker telah menggerogoti tubuhnya.

Dinoire menerima tiga operasi hidung, bibir dan dagu setelah wajahnya rusak parah di bagian hidung ke bawah akibat serangan anjing Labrador miliknya. Operasi dilalukan oleh Bernard Devauchelle dan Jean Michel Dubernard, dua orang dokter bedah asal Perancis dan timnya, hampir 16 tahun silam.

Selama 18 bulan, laporan rinci pertama dan kemajuan transplantasi dirilis dalam New England Journal of Medicine. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa pasien merasa sangat senang dengan hasil transplantasi tersebut.