Find Us On Social Media :

Konflik China vs Taiwan Memanas: Ternyata Segini Perbandingan Militer Antara Keduanya, Sejauh Mana Dukungan Amerika Berdampak?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:41 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping dan PLA.

Intisari-Online.com - Hubungan Amerika Serikat dan China kembali memanas.

Ini terjadi ketika China mengecam keras agenda Ketua DPR AS kunjungi Taiwan pada Selasa (2/8/2022).

Terkait kunjungan kontroversial Nancy Pelosi ke Taiwan, China bahkan merespons dengan mengadakan latihan militer di dekat kepulauan itu.

Menurut otoritas Taiwan, China telah meluncurkan sejumlah rudal balistik ke perairan timur laut dan barat daya Taiwan.

Peluncuran rudal balistik itu merupakan bagian dari latihan militer penembakan langsung terbesar yang pernah dilakukan China di sekitar wilayah Taiwan.

Wilayah yang terdampak pun hanya berjarak sekitar 19 kilometer dari Taiwan, jarak latihan militer terdekat yang pernah dilakukan oleh China.

Perbandingan militer China vs Taiwan

Menurut data The Military Balance 2022 IISS yang dikutip dari BBC, dalam konfrontasi militer apa pun, angkatan bersenjata China jelas mengerdilkan angkatan bersenjata Taiwan.

China membelanjakan lebih dari negara mana pun, kecuali AS, untuk sistem pertahanan dan dapat memanfaatkan sejumlah besar kemampuan, mulai dari kekuatan angkatan laut hingga teknologi rudal, pesawat terbang, dan serangan dunia maya.

Sebagian besar kekuatan militer China difokuskan di tempat lain tetapi, secara keseluruhan dari personel aktif misalnya, ada ketidakseimbangan besar antara jumlah tentara China dan Taiwan.

China

Total Pasukan Aktif : 2.035.000 (pasukan darat, laut, udara dan cadangan) Tank : 5.400 Pesawat Tempur : 3.227+ Kapal Selam : 59 Kapal Angkatan laut : 86 (hanya kelas kombatan permukaan utama saja) Artileri : 9.834+