Find Us On Social Media :

Adam dan Pesannya Soal Keterbatasan

By Nur Resti Agtadwimawanti, Rabu, 29 Agustus 2012 | 15:00 WIB

Adam dan Pesannya Soal Keterbatasan

Intisari-Online.com - Siswa Indonesia kembali menoreh prestasi membanggakan dengan meraih juara pertama kompetisi Languages for the Games, sebuah kompetisi global yang diselenggarakan British Council di berbagai negara, dalam rangka menyongsong perhelatan akbar olahraga Paralimpiade 2012 di London, Inggris.

Kompetisi global British Council merupakan bagian inisiatif pengembangan pembelajaran bahasa Inggris dalam rangka memperingati Olimpiade dan Paralimpiade London 2012. Kompetisi bertujuan untuk mendorong kreativitas siswa sekolah dasar dan menengah di seluruh dunia, yang menggunakan bahasa Inggris/bahasa asing sebagai bahasa kedua mereka. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran para siswa akan penyelenggaraan Paralimpiade, olimpiade khusus bagi para atlet dengan keterbatasan fisik dan mental.

Nah, dalam kompetisi ini para peserta diminta untuk menciptakan multimedia, tepatnya sebuah presentasi online yang mendemonstrasikan kreativitas dan originalitas. Tentunya, menggunakan bahasa Inggris. Dari Indonesia, Abdurrahman Adam (14 tahun), siswa SMUN 78 Jakarta, meraih juara pertama kategori individu/gabungan untuk kelompok usia 12-16 tahun. Kompetisi ini diadakan dari bulan Februari-Mei 2012. Adam, begitu biasanya ia dipanggil, berhasil menyisihkan 350 aplikasi yang diterima oleh British Council dari seluruh dunia. Wow!Poster presentasi Adam bertema: ‘The Perfect Paralympian’. Disability would not make them disabled (keterbatasan tidak membatasi mereka), begitu pendapat Adam perihal keterbatasan para atlet paralimpiade. Video presentasinya terinspirasi dari dua atlet paralimpiade Inggris: Simon Munn, pebasket paralimpiade Inggris yang duduk di kursi roda dan Eleanor Simmonds, atlet renang paralimpiade Inggris. Dua cabang olahraga ini memang cabang olahraga favorit Adam. Adam terpilih sebagai juara pertama karena pesan presentasinya yang kuat disertai tampilan gambar animasi yang baik. Karya Adam dianggap mampu mendemonstrasikan kreativitas dan keaslian dengan penyampaian presentasi dalam bahasa Inggris yang sangat baik.Lalu, apa ya hadiahnya? Hhhmm.. Para pemenang kategori individu/gabungan dari dua kelompok usia memenangkan paket perjalanan ke Inggris. Adam, didampingi ibunya, Henny Maimunah Asnam, akan terbang menuju London pada Rabu, 29 Agustus 2012.

Selain Adam, turut serta pemenang kompetisi kategori individu/gabungan pada kelompok usia 8-11 tahun dari Cina, Selina Xing. Mereka akan berpartisipasi dalam berbagai program kunjungan selama lima hari ke kantor pusat British Council di London, Inggris, sekaligus bertamasya ke Taman Olimpiade selama pekan Paralimpiade di London, 29 Agustus - 9 September 2012 mendatang.

Indonesia pun patut berbangga kepada Adam.