Find Us On Social Media :

Beberkan Fakta Baru yang Menggemparkan Bahwa Brigadir J Tidak Tewas di Perjalanan Magelang-Jakarta, Komnas HAM Mendesak Bharada E Temui Komnas HAM Sesegera Mungkin

By May N, Rabu, 27 Juli 2022 | 13:00 WIB

Komnas HAM Periksa Bharada E Tanpa Didampingi Pejabat Polri, Para Jenderal Bintang 3 Rupanya Sudah Sepakat Begini, Sosok Ferdy Sambo Jadi Perhatian.

Intisari - Online.com - Sejumlah keterangan menyebut jika Brigadir J masih hidup ketika tiba di Jakarta pada hari kematiannya, Jumat (8/7/2022).

Keterangan ini menggugurkan dugaan jika Brigadir J, ajudan Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo, tewas dalam perjalanan Magelang-Jakarta.

Temuan ini didapat oleh Komnas HAM yang mendapatkan fakta bahwa Brigadir J bercengkerama dengan rekan-rekan sesama ajudan Ferdy Sambo sebelum terjadi penembakan.

"Forum tertawa-tawa itu forum antara ADC (aide-de-camp/ajudan) ya, sebelum kematian, lokasinya di Jakarta," kata komisioner bidang pemantauan dan penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

"Itu ngobrol nyantai begini dan tertawa-tawa, siapa yang tertawa? Termasuk J. Jadi kalau ini seolah-olah dibunuh dengan tertawa-tawa antara Magelang dan Jakarta sudah itu salah," ungkapnya dilansir dari Kompas.com.

Kejadian tertawa-tawa ini terjadi di Jakarta, sebelum Brigadir J dan orang-orang Sambo menuju rumah dinas.

Kemudian beberapa saat setelahnya, peristiwa penembakan terjadi di rumah dinas tersebut.

Dugaan tewasnya Brigadir J di suatu tempat antara Magelang sampai Jakarta disampaikan oleh kuasa hukum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

Magelang-Jakarta menjadi alternatif pertama tempat kejadian perkara selain di rumah dinas Ferdy Sambo.

Kamaruddin mendasarkan dugaannya pada fakta jika Jumat pukul 10.00 WIB, Brigadir J masih memberi kabar kepada keluarganya, bahwa dirinya mengawal atasan di Magelang.

Keterangan Bharada E

Lebih lanjut, Komnas HAM meminta keterangan dari Bharada E.