Find Us On Social Media :

Ada Jalan Sir Alex Ferguson di Manchester

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 18 Oktober 2013 | 18:00 WIB

Ada Jalan Sir Alex Ferguson di Manchester

Intisari-Online.com - Banyak cara yang dilalukan sekelompok masyarakat untuk mengenang para pahlawan. Salah satunya adalah dengan mengabadikannya menjadi nama sebuah jalan. Di Indonesia, fenomena itu terlihat sangat jamak terjadi. 

Demikian juga dengan di Inggris, tepatnya kota Manchester. Adalah Alex Ferguson, eks pelatih klub bola Manchester United, mendapat penghormatan dari warga Manchester setelah namanya ditabalkan menjadi nama salah satu jalan di kota itu. “Sir Alex Ferguson Way”, begitu nama jalannya, diluncurkan pada Senin, 14 Oktober 2013.

“Sebuah perjalanan yang luar biasa bagi saya, mengakhiri hari ini dengan membuka penutup nama jalan ini. Saya sangat bangga dengan hal itu dan saya bangga dengan semua orang yang terkait dengan klub,” ujar Sir Alex seperti yang ditulis Kompas.

Nama jalan itu sendiri terletak tidak jauh dari Stadion Old Trafford, markas MU, tempat sir Alex menghabiskan 26 tahun pengabdiannya untuk Setan Merah. Nama jalan “Sir Alex Ferguron Way” menggantikan nama jalan sebelumnya Waters Reach. Posisinya persis berseberangan dengan Sir Matt Busby Way, yang diadopsi dari nama eks pelatih legendaris MU yang lain, Sir Matt Busby.

Bukan sekadar menjadi nama jalan. Pada 2011, manajemen Setan Merah mengubah nama tribune utara di Stadion Old Trafford menjadi tribun Sir Alex Ferguson. Setahun berselang, patung perunggu Ferguson saat masih muda juga didirkan di depan stadion.

Selama melatih MU pada periode 1986-2013, pria Skotlandia ini membawa timnya menjadi jaura Liga Inggris sebanyak 13 kali, 5 piala FA, dan 4 Piala Liga. Untuk kelas Eropa, dua gelar Liga Champions, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa. Total 49 piala dipersembahkan oleh pria yang kerap disapa penggemar MU dengan Opa Fergie itu. (Kompas)