Find Us On Social Media :

Martin Bormann, Sekretaris di Balik Keperkasaan Nazi dan Hitler

By Ade Sulaeman, Minggu, 30 April 2017 | 06:00 WIB

Martin Bormann, Sekretaris di Balik Keperkasaan Nazi dan Hitler

Intisari-Online.com - Keperkasaan Jerman di bawah bendera Nazi juga pemimpinnya, sang Fuhrer, Adolf Hitler, rasanya tak perlu diragukan lagi.

Namun, ternyata keperkasaan itu tidak akan terwujud tanpa satu sosok penting bernama Martin Bormann.

Ia menyiapkan pidato, mengatur pertemuan, menyederhanakan administrasi, bahkan terlibat langsung dengan prosesi pernikahan, pembuatan surat wasiat, dan bunuh diri yang dilakukan sang majikan.

(Baca juga: Tak Seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates, Sang Pencipta WhatsApp Tak Lahir dari Keluarga Mapan)

Semua itu tak akan diserahkan kepadanya kalau saja Bormann bukan orang kepercayaan Hitler.

Jabatan resminya adalah sekretaris pribadi, yang mana pengaruhnya seolah-olah bertindak sebagai manajer Kanselir Jerman.

Bormann dilahirkan pada 17 Juni 1900 di Wegeleben, dekat Halberstadt, Jerman, ayahnya seroang sersan mayor yang kemudian beralih menjadi seorang pegawai kantor pos.

Karena situasi sulit, Bormann remaja terpaksa drop out sekolah dan harus bekerja di sebuah pertanian dai Mecklenburg.

Tahun 1924, bersama Rudolf Hoss, ia terpaksa mendekam selama setahun di penjara karena terlibat pembunuhan brutal atas Walter Kadow, seorang yang diduga pengkhianat negara.

Selepas penjara, ia bergabung dengan NSDAP di kota Thuiringia. Di sini karirnya bersinar hingga dipercaya sebagai manajer bisnis pada 1928. Kedudukan itulah yang membuatnya dekat dengan Hitler.

Dalam perjalanan menjadi tangan kanan Hitler, Bormann yang pandai berbisnis menggalang kampanya bertajuk The Adolf Hitler Endowmnet Fund of German Industry yang berhasil mengeruk dana dalam jumlah besar.

(Baca juga: Kebiasaan Buruk Wanita yang Bisa Membuat Rusak Miss V, Salah Satunya Makanan Pedas yang Berlebihan)