Find Us On Social Media :

Dari Gambar Peta Fisik Peta Dunia, Inilah Letak Astronomis Indonesia, Batas Wilayah dan Pengaruhnya Terhadap Negara Ini, Termasuk Tidak Mengenal Empat Musim

By K. Tatik Wardayati, Senin, 25 Juli 2022 | 15:30 WIB

Letak astronomis yaitu pada 6oLU – 11oLS dan antara 95oBT-141oBT.

Intisari-Online.com – Dari gambar peta dunia, peta fisik dunia yang menggambarkan daratan dan lautan serta titik tertinggi Bumi, maka peta tersebut menunjukkan representasi dunia, daratan, dan lautan Bumi.

Gambaran peta dunia tersebut menampilkan citra satelit dari benua dengan negara dan relief dasar laut yang teduh.

Dari proyeksi peta dunia Robinson menunjukkan fitur geografis utama, seperti gunung tertinggi, palung samudera terdalam, gurun terbesar, danau terbesar, dan titik ekstrem Bumi.

Peta dunia yang berpusat di Eropa dan Afrika menunjukkan garis lintang 30o dan garis bujur pada inverval 30o, semua benua, negara berdaulat, dependensi, samudera laut, pulau-pulau besar, dan gugusan pulau, negara-negara dengan perbatasan internasional, dan ibu kotanya.

Letak astronomis Indonesia

Sementara negara Indonesia, memiliki letak astronomis yaitu pada 6oLU – 11oLS dan antara 95oBT-141oBT.

Letak astronomis ini merupakan posisi Indonesia dalam peta dunia terhadap garis khayal pada peta, yaitu garis lintang dan garis bujur.

Mengutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, batas wilayah Indonesia secara astronomis adalah sebagai berikut:

- Batas wilayah paling utara di 6o 08’ lintang utara adalah Pulau We, yaitu pulau paling utara di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam.

- Batas wilayah paling selatan 11o 15’ lintang selatan adalah Pulau Rote, yaitu pulau paling selatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

- Batas wilayah paling barat pada 95o 45’ bujur barat adalah Pulau Beureuh, yaitu pulau paling barat di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

- Batas wilayah paling timur pada 141o 05’ bujur timur adalah Sungai Flu, yaitu sungai yang berada di Kota Merauke Provinsi Papua.