Penulis
Intisari-online.com - China berencana membangun jalan raya baru di dekat perbatasan yang disengketakan dengan India.
Sebagai bagian dari strategi Beijing untuk mengkonsolidasikan posisi strategisnya dan memproyeksikan kekuatannya di wilayah tersebut.
Jalan tol baru, yang membentang dari distrik Lhunze di Tibet ke Mazha di Kashgar, Xinjiang.
Adalah salah satu dari 345 rencana konstruksi di bawah proyek nasional.
Bertujuan untuk membangun total 461.000 km jalan raya dan jalan raya hingga 2035, menurut SCMP.
Rencana tersebut muncul ketika China sedang mencoba untuk menghidupkan kembali ekonomi yang menurun dan meningkatkan belanja konsumen melalui investasi infrastruktur.
Berdasarkan rencana yang diumumkan minggu lalu, jalan bebas hambatan bernama G695 diharapkan melewati distrik Cona di Tibet selatan.
Tepat di utara daerah perbatasan yang disengketakan dengan India, dan melewati distrik Kamba, di mana terdapat sengketa perbatasan dengan India.
Jalan raya ini juga melewati distrik Zanda di provinsi Ngari, yang sebagiannya sekarang dikuasai oleh India.
Rincian rencana pembangunan jalan raya belum terungkap, tetapi ketika selesai, rute tersebut akan memudahkan perjalanan ke daerah-daerah yang disengketakan di perbatasan China-India.
Seperti Delta Depsang, lembah Galwan, dan Pemandian Air Panas di sepanjang Jalur Kontrol Aktual (LOC), menurut SCMP.
Ketegangan perbatasan China-India meningkat menjadi bentrokan berdarah pada tahun 2020 di lembah Galwan.
Perkelahian itu menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.
Insiden tersebut telah merenggangkan hubungan bilateral antara kedua negara hingga saat ini.
Dalam putaran terakhir negosiasi militer pada (18/7), kedua belah pihak sekali lagi gagal menemukan suara bersama setelah 12 jam diskusi.
Namun, dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pada (18/7), kedua militer mengatakan mereka telah sepakat untuk menjaga "keamanan dan stabilitas" di daerah di sepanjang LAC.
"Kedua belah pihak sepakat untuk tetap berhubungan dekat dan mempertahankan dialog melalui saluran militer dan diplomatik dan segera mencari solusi yang dapat diterima," kata pernyataan bersama itu.
Srikanth Kondapalli, seorang profesor studi China di Universitas Jawaharlal Nehru di New Delhi.
Mengatakan bahwa pembangunan jalan raya baru Beijing dimaksudkan untuk "memperkuat kemampuan logistik di daerah perbatasan, memungkinkan militer untuk dapat bergerak cepat jika terjadi keadaan darurat. tanggapan."
China telah secara aktif membangun infrastruktur di Tibet dan Xinjiang sejak awal 1980-an, meskipun daerah-daerah ini "tidak berarti banyak dalam hal nilai ekonomi," kata Kondapalli.
Menurut Kondapalli, proyek baru China kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran di India.