Find Us On Social Media :

Berusia 2.500 Tahun, Makam Unik Perwira Militer Mesir Ditemukan di Abusir Dekat Saqqara, Jelaskan ‘Globalisasi’ di Dunia Kuno, Seperti Apa?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 21 Juli 2022 | 11:25 WIB

Makam perwira militer Mesir Kuno yang ditemukan di Abusir dekat Saqqara, Mesir.

Intisari-Online.com – Para arkeolog yang melakukan penggalian di Abusir dekat Saqqara, Mesir, menemukan sebuah makam unik.

Makam unik itu milik seorang perwira militer yang memimpin batalyon yang terdiri dari tentara asing, demikian menurut pernyataan dari kementerian barang antik Mesir.

Sebuah misi arkeologi Ceko dari Charles University membuat penemuan makam poros.

Menurut para ilmuwan, petinggi Mesir Kuno yang digali Wahibre-mery-Neith menyoroti ‘globalisasi’ di dunia kuno.

Makam yang  ditemukan selama penggalian musim semi berakhir pada bulan Juni lalu, berasal dari antara akhir Dinasti ke-26 dan awal ke-27, sekitar 500 SM.

Menurut Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mostafa Waziri, makam poros utama Wahibre-mery-Neith itu memiliki kedalaman enam meter dan berukuran sekitar 14 kali 14 meter dan dibagi menjadi beberapa bagian, dengan dipisahkan oleh jembatan yang terbuat dari batuan dasar asli.

Poros lain yang lebih kecil tetapi lebih dalam yang digunakan untuk penguburan, digali ke dalam batuan dasar di tengah poros utama.

Dengan berorientasi timur-barat, poros itu berukuran sekitar 6,5 kali 3,3 meter.

“Tata letak makam poros ini tidak memiliki paralel yang tepat di Mesir kuno, meskipun sebagian menyerupai struktur makam Udjahorresnet di dekatnya dan yang disebut makam Campbell di Giza,” tambahnya.

Kepala misi  Ceko Mirosalv Barta, menjelaskan bahwa di dasar lubang kuburan pusat ini pada kedalaman sekitar 16 meter, ditemukan sarkofagus ganda, sebagian rusak, dan di atas pasir.

"Nevine El-Aref dari Ahram Online melaporkan bahwa "sarkofagus luar Wahibre-mery-Neith terbuat dari dua blok besar batu kapur putih dengan sarkofagus antropoid bagian dalam yang tertanam di dalamnya.

Itu terbuat dari basal dan bertuliskan ayat-ayat dari bab 72 Kitab Orang Mati yang menggambarkan kebangkitan orang yang meninggal dan kepergiannya ke alam baka.