Find Us On Social Media :

Letizia Ortiz, Ratu Spanyol Pertama yang Berasal dari Orang Biasa

By Ade Sulaeman, Jumat, 20 Juni 2014 | 20:00 WIB

Letizia Ortiz, Ratu Spanyol Pertama yang Berasal dari Orang Biasa

Intisari-Online.com – Pengangkatan Filipe (46) menjadi raja Spanyol menggantikan ayahnya, Juan Carlos, membuat nama sang istri yang kini menjadi Ratu Spanyol, Letizia Ortiz mencuat. Maklum, ortiz bukan berasal dari kaum kerajaan. Dia hanya orang biasa, dari kelas menengah di Spanyol.

Letizia Ortiz, anak dari seorang jurnalis dan perawat, serta cucu dari sopir taksi, berpacaran secara rahasia dengan Filipe sebelum akhirnya pertunangan mereka diumumkan pada November 2013. Mereka bertemu di suatu acara makan malam yang diselenggarakan seorang rekan wartawan.(Baca juga: Ini Pelajaran Cinta dari Pangeran William dan Kate Middleton

Kala itu, faksi yang sangat konservatif di Spanyol dengan tegas menentang pilihan pangeran Filipe, terutama berkaitan dengan garis keturunan Letizia Ortiz yang berasal dari orang biasa, bukan dari kaum bangsawan.

Namun yang lainnya melihat pilihan sang pangeran justru diharapkan mampu menciptakan regenerasi di lingkup kerajaan menuju era baru.

“Saya pikir pernikahan tersebut sangat positif,” ujar sejarawan Charles Powell dari Real Instituto Elcano. “Apa yang dia bawa ke dalam pernikahan pada dasarnya membuat sang pangeran melihat realita nyata, realitas sehari-hari, masalah sehari (masyarakatnya).”

Pada 1999, Letizia Ortiz bercerai dengan Alonso Guerrero, seorang mantan guru sastra di suatu SMA, setelah setahun menikah.

Profil Ratu Spanyol yang baru ini kerap disamakan dengan pasangan kerajaan lainnya di Eropa, bahkan dia pernah dibandingkan dengan Kate Middleton, istri dari William, pangeran Inggris, yang dipercaya menjadi salah satu alasan peningkatan popularitas House of Windsor.

Lahir di Oviedo, Spanyol, 1972, Letizia Ortiz bekerja sebagai jurnalis di harian La Nueva España dan ABC, kemudian  di kantor berita EFE serta stasiun TV Bloomberg, CNN+ dan Television Española.

Bahkan Ratu Spanyol ini pernah meliput peristiwa penyerangan 9/11 di New York, juga perang Irak.

Letizia Ortiz dan Felipe memiliki dua anak, Leonor (8) dan Sofia (7). (independent.ie)